DetikNews
Rabu 19 September 2018, 17:12 WIB

Kisah Kedekatan Kwik Kian Gie dengan Ayah Prabowo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kisah Kedekatan Kwik Kian Gie dengan Ayah Prabowo Kwik Kian Gie (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Kwik Kian Gie memilih jadi penasihat ekonomi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meski partainya mengusung Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Ada cerita tentang kedekatan Kwik Kian Gie dengan ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo.

"Mereka berkomunikasi melalui tukar-menukar gagasan dan dari saling membaca pemikiran masing-masing," kata politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno saat berbincang dengan detikcom, Rabu (19/9/2018).



Kwik dan Soemitro pernah berkuliah di universitas yang sama, yakni Nederlandse Ekonomische Hogeschool (NEH). Namun keduanya berbeda angkatan.

"Mereka berdua berbeda usia dan kuliah di Rotterdam pada periode waktu yang berbeda. Jadi persamaan lebih pada pendekatan keilmuan yang diajarkan di sana. Sama-sama murid (alm) Prof Jan Tinbergen, Penerima Hadiah Nobel Ekonomi yang pertama tahun 1969," tutur Hendrawan.

Hendrawan juga berkuliah di Belanda. Namun dia tak berkuliah di Rotterdam. Hendrawan berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Amsterdam, tetapi dia juga berguru pada Jan Tinbergen.

"Pendekatan ekonomi di Belanda lebih bercorak strukturalis, menekankan aspek-aspek demokrasi sosial. Jadi unsur perencanaan ekonomi mendapat tempat istimewa. (Alm) Jan Tinbergen adalah ahli ekonometrika dan perencanaan ekonomi," papar Hendrawan.



Selain kedekatan keilmuwan, Kwik dan Sumitro juga dekat melalui berbagai forum. Hendrawan juga menyebut keduanya sering bertautan di media massa. Kala itu Kwik bergabung dalam PDI, partai yang setelah reformasi kemudian terpecah menjadi PDI Perjuangan (PDIP).

"Melalui berbagai forum. Pak Kwik aktif di Balitbang PDI, Pak Mitro menjadi penasihat ekonomi informal dari Presiden Soeharto. Juga dari tulisan-tulisan di media massa," kata Hendrawan.

Baik Hendrawan maupun Kwik sama-sama senior di PDIP. Mereka berdua juga sering berdiskusi soal ekonomi.

"Pak Kwik itu figur yang suka diskusi dan debat. Dulu waktu saya bersama beliau di Institut Bisnis Indonesia, kami sering mengadakan diskusi rutin," ungkap Hendrawan.




Tonton juga 'Kwik Bahas Ekonomi Bareng Prabowo, PDIP: Dia Tidak Pindah':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed