DetikNews
Sabtu 08 September 2018, 16:21 WIB

Sambangi Sumut, APPSI Upayakan Danau Toba Masuk Geopark UNESCO

Robi Setiawan - detikNews
Sambangi Sumut, APPSI Upayakan Danau Toba Masuk Geopark UNESCO Foto: Dok. APPSI
Medan - Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tiba di Sumatera Utara (Sumut). Dalam kunjungan ini Pemprov Sumut paparkan upaya memasukkan Danau Toba jadi bagian dari UNESCO Global Geopark.

"Ujung dari pembangunan infrastruktur yang sedang gencar adalah investor dan penopangnya adalah pariwisata, dan Danau Toba ini lengkap di aspek geodiversity, biodiversitas, dan culture diversity," ungkap Sekretaris Daerah Sumut, R Sabrina dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/9/2018).

Selain memaparkan keunggulan pariwisatanya lewat Danau Toba, Sabrina juga berharap APPSI mampu membantu UMKM Sumut. Menurutnya produk-produk UMKM di Sumut mampu bersaing.

"Petani itu masuk di UMKM ketika memasarkan produknya, juga UMKM di kuliner dan kerajinan harapannya mereka ini dibantu untuk memasarkan produk karena dari kualitas kami tidak kalah bahkan termasuk yang terbaik," jelasnya.


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan masih banyak masyarakat Sumut yang harus dibantu perekonomiannya. Untuk itu dirinya juga berharap melalui kunjungan ini, APPSI mampu membantu perekonomian Sumut.

"Sensus jumlah penduduk terbaru di Sumut 15 juta lebih, setara dengan DKI, padahal luas wilayahnya jauh lebih besar. APBD kami hanya 13 triliun, sementara DKI 70 triliun penduduk relatif sama tapi APBD beda, sehingga banyak yang perlu ditingkatkan kesejahteraannya, sebagai anggota APPSI, Sumut berharap bantuan dari APPSI dengan adanya ekspedisi ini," harapnya.

Setelah rapat awal dengan jajaran pemprov, tim ekspedisi akan mengunjungi pusat kerajinan, UMKM, perkebunan kelapa sawit, hingga mengeksplorasi kaldera di Danau Toba.


Baca selengkapnya ekspedisi APPSI di link ini.



Saksikan juga video 'Mendagri Lantik Pengurus APPSI, Pakde Karwo Jadi Ketuanya':

[Gambas:Video 20detik]


(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed