Pengacara Duga Ada yang Diperlihatkan Novanto ke Eni Saragih

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Sabtu, 08 Sep 2018 10:08 WIB
Eni Saragih (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Pengacara tersangka dugaan suap PLTU Riau-1 Eni Maulani Saragih menduga pertemuan kliennya dengan Setya Novanto (SN) terjadi pekan lalu. Namun dia belum tahu apa saja yang dikatakan Novanto pada Eni.

"Itu kan kalau nggak salah minggu lalu ya. Pak SN dua hari di sana (rutan cabang KPK). Waktu Pak SN diperiksa itu, kan sama-sama di Merah Putih (gedung KPK-red) di rutan di belakang," kata kuasa hukum Eni, Robinson saat dihubungi, Jumat (7/9/2018) malam.



Robinson mengaku belum tahu isi pembicaraan antara Novanto dengan Eni. Dia menduga ada yang diperlihatkan Novanto sehingga Eni merasa tak nyaman usai pertemuan itu.

"Saya belum tahu apa isinya, tapi nanti saya coba cari tahu. Kan baru tadi, mungkin ada apa diperlihatkan," ujarnya.

Eni Saragih sebelumnya mengaku ditemui Novanto di Rutan. Novanto disebut Eni berbicara sejumlah hal yang membuat Eni terganggu.



"Yang pasti sudah saya sampaikan kepada penyidik, ya memang apa yang disampaikan oleh Pak Novanto membuat saya kurang nyaman," ujar Eni setelah diperiksa KPK di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/9).

Ketika ditanya soal pernyataan Novanto yang membuatnya tak nyaman, Eni Saragih tak mau bicara. "Pokoknya saya sudah menyampaikan kepada penyidik," sambungnya.



Novanto terakhir berada di gedung KPK pada 27-28 Agustus lalu. Dia memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1 untuk tersangka Johannes B Kotjo.

Dia sempat bicara soal dugaan adanya aliran duit dari tersangka Eni untuk Munaslub Golkar. "Katanya benar (ada aliran uang ke Munaslub Golkar)," ucap Novanto. (abw/jor)