Laporan dari Mekah

Jalanan Mekah Masih Ditutup, Tak Semua Bus Shalawat Bisa Melintas

Fajar Pratama - detikNews
Minggu, 26 Agu 2018 01:21 WIB
Bus Shalawat terparkir di Terminal Jamarat. Foto: Fajar Pratama/detikcom
Mekah - Bus shalawat yang mengangkut jemaah haji Indonesia dari pemondokan ke Masjidil Haram dijadwalkan beroperasi siang ini. Namun tak semua bus bisa melintas karena jalanan di Mekah masih ditutup.

Rute yang terkena imbasnya adalah seluruh jalur yang terhubungkan oleh terminal Bab Ali, Masjidil Haram. Hal itu disebabkan jalan di depan terminal Bab Ali.



Rute yang terkena imbasnya adalah rute 1,2,3 dan 4. Alhasil, semua bus pun cuma terparkir di terminal Jamarat.

"Bukan tidak beroperasi, bus semua sudah siap di terminal Jamarat, tapi penataan jalur sampai Bab Ali belum selesai," ujar Kabid Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Subhan Cholid kepada detikcom, Sabtu (25/8/2018).

Berdasarkan informasi yang didapatkan tim Media Center Haji (MCH), selain rute di atas, rute bus nomor 7 juga belum bisa diaktifkan sampai Sabtu sore ini.



"Busnya sudah berbaris rapi di terminal Jamarat," ujar Subhan.

Tidak melintasnya bus Shalawat ini membuat sejumlah jemaah haji kecewa. Jemaah yang di hotel New Al Marwah, Aziziah Janubiah misalnya, mereka menunggu dari ba'da zuhur di depan hotel untuk bisa ke Masjidil Haram.

"Ini ada enggak ya busnya. Kok nggak ada pemberitahuan. Kami ini sudah menunggu untuk bisa ke Masjidil Haram," tutur seorang jemaah di area depan hotel. (fjp/bag)