detikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 17:09 WIB

Tunda Aksi 188, Driver Ojol Berencana Mogok Kerja

Eva Safitri - detikNews
Tunda Aksi 188, Driver Ojol Berencana Mogok Kerja Driver ojol menyatakan tak akan demo saat pembukaan Asian Games 2018. (Eva/detikcom)
Jakarta - Aliansi yang tergabung dalam Gabungan Roda Dua (Garda) menunda aksi '188' yang akan dilaksanakan pada pembukaan Asian Games. Sebagai gantinya, mereka merencanakan aksi selanjutnya dengan mematikan aplikasi atau mogok kerja.

"Jadi kita ambil keputusan bersama, kita siap menunda aksi ini, dalam artian kita memang menunda aksi dan akan kita beritahukan aksi selanjutnya," ujar penanggung jawab aksi 188 Yohannes Ben di Sekretariat Garda, Jalan Raya Kodam, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).



Aksi selanjutnya itu, jelas Yohannes, dilakukan dalam bentuk off beat. Artinya, seluruh driver ojek online mogok tidak mengambil order dengan mematikan aplikasi.

"Untuk aksi selanjutnya kita lakukan, yaitu aksi off beat, off beat massal dan serentak seluruh Indonesia," ucapnya.

"Off beat ini yaitu kita mematikan aplikasi dan kita tidak ikut ambil bagian dalam hal mencari nafkah dalam satu hari. Jadi kita matikan aplikasi, ya mungkin kita ada sibuk masing-masing," lanjut Yohannes.

Namun belum pasti kapan aksi itu akan dilakukan dan berapa lama. Pihaknya masih akan terus melakukan koordinasi terkait aksi selanjutnya.

"Itu saya belum bisa jawab karena semuanya itu kita tergantung presidium. Dalam arti, kita harus koordinasi dengan presidium. Kesepakatan bersama," jelas Yohannes.



Sebelumnya, para driver ojek online ini memberikan pernyataan penundaan aksi 188. Alasannya, mereka tidak mau mencemarkan nama baik bangsa dalam perhelatan internasional.

"Sebagai wujud dukungan terhadap kesuksesan Asian Games, dengan ini menyatakan aksi 188 diundur sampai pada batas waktu yang ditentukan berdasarkan batas kesepakatan," ujar Yohannes Ben.



Tonton juga video: 'Penyerapan Tenaga Kerja Tertinggi di Sektor Transportasi'

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com