Dinsos Razia di Jaktim, 3 Orang Gangguan Jiwa Dijaring

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 13 Agu 2018 12:38 WIB
Foto: Sudin Sosial Jakarta Timur menggelar razia orang dengan masalah kejiwaan. (Azizah-detikcom)
Jakarta - Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menggelar razia dan penertiban terkait pelaksanaan Asian Games 2018. Hasilnya, 3 orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) diamankan.

Pantauan detikcom, Satgas P3S berangkat dari Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari 2, Jakarta Pusat, pukul 10.05 WIB, Senin (13/8/2018). Petugas menyisir beberapa titik seperti Jatinegara, Terminal Kampung Melayu, kawasan Kramat Jati, Pondok Gede, hingga Jalan Raya Molek.

"Hari ini kita turunkan 30 personel, ada yang di mobil, sisanya menggunakan motor melakukan penyisiran," kata petugas dari Satgas P3S Sudin Sosial Jakarta Timur, Sugiyono, di Jalan Raya Molek.


Tiga OMDK itu ditemukan tengah duduk-duduk di pinggir jalan. Satu orang di depan City Plaza Jatinegara, satu di Jalan Raya Kramat Jati, sedangkan satu lainnya di Jalan Raya Pondok Gede.

Dinsos Razia di Jaktim, 3 Orang Gangguan Jiwa DijaringFoto: Sudin Sosial Jakarta Timur menggelar razia orang dengan masalah kejiwaan. (Azizah-detikcom)

Ketiga ODMK ini tidak ada yang melawan saat dijaring. Mereka yang terjaring kemudian dibawa masuk ke mobil Dinas Sosial.

"Setelah ini (dibawa) ke Panti sosial Bina Insan Bangun Daya 2, daerah Cipayung," lanjut Sugiyono.


ODMK itu akan menjalani observasi dan pembinaan di panti sosial tersebut. Namun, jika ada pihak keluarga yang mencari, mereka dapat dikembalikan ke pihak keluarga.

"Di panti dilakukan pembinaan dulu. Nanti kalau memang ada keluarga atau masyarakat yang jadi keluarga nanti bisa diambil, bisa dikembalikan ke keluarganya. Jika nggak ada ya pembinaan di panti. Nanti di situ akan dibawa ke rumah sakit jiwa," pungkasnya.


Tonton juga video: 'Anies Hubungi Dinsos dan Imigrasi Tangani Pencari Suaka Telantar'

[Gambas:Video 20detik]

(idh/hri)