DetikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 15:43 WIB

Pemkot Curiga Kartel Narkoba Manfaatkan Siswa SD Jadi Bandar Sabu

Ibnu Munsir - detikNews
Pemkot Curiga Kartel Narkoba Manfaatkan Siswa SD Jadi Bandar Sabu Ilustrasi (dok.detikcom)
Makassar - Pemkot Makassar ikut mencari pelajar SD yang jadi bandar sabu. Pencarian ini dilakukan untuk mengetahui peran dan keterlibatan para pelaku.

"Kami dari DPPA melalui TRC di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Makassar sudah turun sejak kemarin ikut mencari keberadaan bandar sabu pelajar SD di Makassar. DPPA Makassar melibatkan paralegal, RT/RW, selter warga termasuk TRC juga ikut mencari keberadaanya," kata Kepala bidang pemenuhan hak dan perlindungan anak DPPA Kota Makassar, Achi Soleman, di Makassar, Rabu (8/8/2018).


Achi menjelaskan jika keterlibatan anak di pusaran narkoba menjadi perhatian serius saat ini. Namun kasus ini merupakan eksploitasi orang dewasa terhadap anak dalam penyalahgunaan narkoba.

"TRC sudah turun beserta beberapa jaringan kita ikut mencari, RT/RW, selter warga juga dan paralegal. Kita libatkan ini eksploitasi anak dewasa terhadap anak di bawah umur yang dimamfaatkan pada peredaran narkoba di Makassar," jelasnya.

"Mengapa anak? karena anak sangat rentang dimanfaatkan dan diperdaya dengan iming-iming uang," lanjutnya.


Olehnya itu, DPPA Makassar terus mengkampanyekan program jagai anak ta atau menjaga anak. Program ini diharapkan peran orang tua untuk memantau perkembangan anak, termasuk masyarakat.

"Ada program yang kita terus galakkan yakni jagai anak ta. Ya ini program bukan hanya orang tuanya tapi juga masyarakat sekitar memperhatikan lingkunganya," paparnya.



Tonton juga 'BNN Musnahkan 12,92 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi':

[Gambas:Video 20detik]



Pemkot Curiga Kartel Narkoba Manfaatkan Siswa SD Jadi Bandar Sabu

(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed