Minta MK Percepat Putusan, JK: Jangan Tanggal 10 Jam 12 Malam

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 02 Agu 2018 14:23 WIB
Wapres Jusuf Kalla/Foto: Noval Dhwinuari Antony
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap Mahkamah Konsitusi (MK) mempercepat putusan gugatan uji materi syarat cawapres. JK berharap putusan diketok sebelum 10 Agustus, hari terakhir pendaftaran capres-cawapres.

"Yang penting mudah-mudahan sebelum tanggal 10, saya harap seperti itu, mau 10 pagi silakan lah, yang penting jangan tanggal 10 jam 12 malam," ujar JK dalam diskusi di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).

Keputusan maju-tidaknya di Pilpres 2019, ditegaskan JK tergantung putusan MK. Bila gugatan yang diajukan Perindo diterima MK, JK tetap menyerahkan keputusan cawapres kepada Joko Widodo.




"Tetapi itu pun sangat tergantung kepada Pak Jokowi bagaimana penilaian akhirnya akibat situasi yang seperti ini," kata JK.

Perindo mengajukan gugatan uji materi Pasal 169 huruf n UU Pemilu terkait syarat calon presiden/cawapres yang mengatur calon belum pernah menjabat presiden atau wakil presiden selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.



Sekjen MK Guntur Hamzah sebelumnya mengatakan selesainya proses gugatan Pemilu dari Perindo tidak bisa dipastikan waktunya. Guntur menyebut uji materi UU Pemilu tersebut selesai paling cepat tiga bulan.'

"Sebetulnya tidak ada limitasi waktu, jadi di antara 6 kewenangan MK satu-satunya kewenangan MK yang belum dibatasi berapa lama selesai waktu perkara yaitu pengujian undang-udang atau judical review itu. Tetapi kalau kita melihat data-data penyelesaian perkara itu ada rentang ada bisa selesai dalam 3 bulan, ada bisa selesai hampir 2 tahun," kata Guntur, Selasa (31/7).

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)