DetikNews
Selasa 24 Juli 2018, 23:52 WIB

Jadi Gubernur Terpilih, Khofifah Hadiahkan Ini ke Gus Ipul-Puti

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jadi Gubernur Terpilih, Khofifah Hadiahkan Ini ke Gus Ipul-Puti Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Surabaya - Khofifah Indar Parawansa telah resmi ditetapkan sebagai Gubernur terpilih Jawa Timur lewat rapat pleno terbuka oleh KPU Jatim. Dia lantas memberikan hadiah kepada rivalnya di Pilgub Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Apa itu?

Hadiah yang dimaksud Khofifah bukanlah berbentuk materi, melainkan sebait pantun. Dia mengaku tak mahir membuat pantun, tapi, untuk Gus Ipul, dia bisa merangkai katanya.

"Saya tidak pintar membuat pantun, tapi malam hari ini saya ingin hadiahkan pantun saya untuk Gus Ipul dan Mbak Puti," ujar Khofifah saat memberi sambutan di Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilgub Jatim di Hotel Wyndham, Surabaya, Selasa (24/7/2018).

Seperti apa rima pantun Khofifah?

Beli sepatu di pedagang kaki lima. Enak dipakai murah harganya.
Tak ada lagi nomor satu dan dua. Mari bersama bangun Jatim sejahtera.

Pantun yang dibaca Khofifah itu langsung disambut tepuk tangan meriah.

Selain itu, Khofifah mengaku ingat betul bagaimana ucapan Gus Ipul saat di acara Debat Pilgub ketiga dan Deklarasi Pilkada Damai. Gus Ipul pernah mengatakan, jika nanti Khofifah yang menjadi Gubernur Jatim, dia akan menitipkan aspirasi dan program yang dicanangkannya.

"Saya masih ingat statement Gus Ipul pada saat debat ketiga dan Deklarasi Pilkada Damai. Beliau menyampaikan, jika nanti Mbak Khofifah dan Mas Emil yang menang, mohon aspirasi kita diakomodasi," imbuh Khofifah.

Menanggapi hal ini, Khofifah mengatakan pihaknya memiliki tim navigasi program yang telah berjalan selama 14 hari ini. Tim ini dibentuk untuk penajaman, penguatan, pengayaan, dan sinkronisasi program.

"Kami sebetulnya menyiapkan tim navigasi program, yang telah berjalan 14 hari untuk penajaman, penguatan, pengayaan, dan sinkronisasi program dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang berjalan. Ada continuity and change," ungkapnya.

Selain itu, melihat dari kekuatan Forkopimda Jatim sekarang, Khofifah mengatakan hal ini merupakan harmoni antara eksekutif dan legislatif yang berjalan baik. Untuk itu, dirinya ingin hal ini selalu berjalan beriringan.

"Sukses dari kekuatan Forkopimda Jatim saat ini adalah harmoni antara eksekutif dan legislatif yang berjalan sangat baik," tambah Khofifah.

Di kesempatan yang sama, Khofifah mengakui sempat ditelepon Presiden Joko Widodo setelah perolehan suaranya unggul di beberapa hitung cepat. Dalam pembicaraan telepon itu, Jokowi menitipkan Jatim kepadanya. Lantaran Jatim merupakan lokomotif penggerak perekonomian di Indonesia.

"Jokowi menyampaikan selamat. Kedua, Jatim ini lokomotif ekonomi nasional. Beliau pesan, tolong dirawat suksesnya Pakde Karwo, tolong dikembangkan, ekspor migas tertinggi ya Jatim," lanjut mantan Menteri Sosial ini.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed