detikNews
Selasa 24 Juli 2018, 20:17 WIB

Lurah Se-Jakarta Dievaluasi, Sandiaga Beberkan Hasilnya

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Lurah Se-Jakarta Dievaluasi, Sandiaga Beberkan Hasilnya Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan evaluasi performa lurah se-Jakarta. Pelayanan kepada warga jadi salah satu indikator utama evaluasi.

"Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Biro Tata Pemerintahan sedang mengevaluasi performa lurah. Harapannya, pelayanan akan meningkat," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2018).

Terkait oknum kelurahan yang terbukti melakukan pungutan liar, Sandiaga menyerahkan kepada aturan yang berlaku. Menurutnya, kinerja lurah di Jakarta memang patut dievaluasi karena kejadian itu.



"Sebagian lurah bagus, sebagian perlu peningkatan kerja," ucap Sandiaga.

Sandiaga sendiri meminta adanya sanksi sosial bagi oknum PNS yang melakukan pungli. Pihaknya mengatakan hukuman administratif tidak akan membuat pelaku jera.

"Harus ada sanksi sosial, dia kan sudah merusak satu kelurahan. Malah satu kecamatan," terangnya.

Sebelumnya, Biro Tata Pemerintahan DKI Premi Lasari mengatakan sudah mengklarifikasi oknum staf lurah yang melakukan pungli di Gandaria Utara. Premi mengatakan staf tersebut sudah mengakui dan kasusnya telah dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP).



"Gandaria Utara sudah di-BAL Plh Camat. Kita minta datanya, akan kita teruskan ke Inspektorat," ujar Premi saat dimintai konfirmasi secara terpisah.

Premi mengatakan sanksi bagi oknum tersebut merupakan wewenang Inspektorat. Dia mengatakan pihaknya hanya bertugas melakukan klarifikasi.

"Inspektorat yang lakukan justifikasi hukuman apa. Tapi yang pasti dari atasan sudah melakukan BAP," paparnya.
(fdu/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com