detikNews
Selasa 24 Juli 2018, 11:28 WIB

Melongok Gedung Granadi yang Menanti Eksekusi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Melongok Gedung Granadi yang Menanti Eksekusi Gedung Granadi. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kejaksaan Agung mengultimatum Yayasan Supersemar agar segera menyerahkan Gedung Granadi. Gedung itu hingga kini masih beroperasi normal.

Gedung Granadi terletak di Jalan HR Rasuna Said, Blok X 1, Kav 8-9, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Selasa (24/7/2018) pukul 07.15 WIB pagi ini, gedung itu sudah dibuka. Ada dua petugas keamanan (satpam) yang berada di bagian depan gedung, ada pula dua petugas satpam lagi yang berjaga di area lobi.


Parkiran mobil dan motor berada di basement. Pukul 07.20 WIB, parkiran motor yang berada di B2 itu terlihat cukup ramai. Terdapat satu kantin yang berada di B2.

Aktivitas di gedung itu terlihat normal. Karyawan yang berkantor di gedung itu sudah berdatangan sejak pagi.

Ada 2 ATM di dalam lobi itu serta dua petugas keamanan yang standby di meja resepsionis. Di bagian pojok lobi ada kafe kecil yang menjual aneka kopi dan makanan ringan. Di sebelah kafe itu, terlihat lukisan foto presiden ke-2 Soeharto.


Salah seorang pekerja penghuni gedung itu menceritakan latar belakang terbentuknya gedung tersebut hingga kini. Ia mengatakan gedung itu berada di tangan keluarga Cendana dan, sejak gedung itu berdiri hingga kini, semua perusahaan yang berada di gedung tersebut adalah perusahaan milik keluarga Cendana.

Gedung yang berlantai 12 itu juga sering digunakan untuk tempat berkumpulnya kader-kader ataupun elite partai besutan Tommy Soeharto tersebut. Tommy disebut bekerja di salah satu lantai yang ada di gedung itu. Gedung tersebut masih beroperasi layaknya kantor normal hingga hari ini.

Diketahui, Jaksa Agung M Prasetyo sudah mengultimatum Yayasan Supersemar untuk menyerahkan Gedung Granadi. Sejauh ini, Yayasan Supersemar sudah menyerahkan Rp 241,8 miliar dari total Rp 4,4 triliun yang harus dibayar ke negara.



Tonton juga 'PN Depok: Eksekusi Lahan Pasar Kemiri Bisa Saja Ditunda':


(tor/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed