DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 03:24 WIB

Tes Akademik Catar Akpol, Skor Bisa Dipantau Langsung Orang Tua

Audrey Santoso - detikNews
Tes Akademik Catar Akpol, Skor Bisa Dipantau Langsung Orang Tua Ilustrasi tes calon taruna akpol (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - 360 Calon taruna/taruni Akademi Kepolisian (Akpol) akan menjalani tes akademik di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, Jawa Tengah. Panitia Seleksi Catar Akpol 2018 menyiapkan pengumuman skor ujian yang bisa dipantau real time lewat layar kaca di tempat orang tua menunggu.

"Sebanyak 360 catar melaksanakan uji akademik yang terdiri dari TPA dan TOEFL dengan menggunakan CAT (Computer Assested Test)," kata Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Arief Sulistyanto dalam rilisnya, Sabtu (21/7/2018).


Tes akan berlangsung pada Minggu (22/7). Sebelum tes, pengecekan sistem tes dilakukan oleh tim cyber forensic. Selain pengecekan, dilakukan juga pengacakan ruang kelas dan komputer.

"Sehingga peserta tes baru tahu ruang kelas dan komputer yang digunakan saat ujian. Pengacakan nomor soal dilakukan sehingga masing-masing peserta berbeda jenis pertanyaan di setiap nomornya," ujar Arief.


"Skor hasil tes yang real time dan langsung bisa dimonitor oleh orang tua di ruang aula yang disediakan. Bila jawaban benar, maka skor otomatis bertambah, yang bisa langsung diketahui oleh para orang tua," sambung dia.

Arief menerangkan hasil tes akademik langsung diumumkan dan dia mengimbau para catar mencatat skor mereka. "Pada 23 Juli 2018, pengumuman nilai hasil uji akademik," ucap Arief.


Arief mengaku dalam menyiapkan soal-soal ujian akademik, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada 10 ribu soal yang disediakan.

"Materi soal disusun oleh tim uji akademik panitia pusat, bekerja sama dengan Kementerian Diknas yang telah menyiapkan bank soal sebanyak 10 ribu pertanyaan.
Tes TOEFL bekerja sama dengan LAN. Seluruh proses seleksi berlangsung dengan transparan dan terekam oleh video," jelas Arief.


(aud/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed