DetikNews
2018/07/21 21:47:44 WIB

Jejak 'Tamasya' Napi dan Fasilitas Mewah di Lapas Sukamiskin

Tri Ispranoto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jejak Tamasya Napi dan Fasilitas Mewah di Lapas Sukamiskin Saung elite di Lapas Sukamiskin (Foto: Dok. detikcom)
Bandung - Lapas Klas 1 Sukamiskin di Kota Bandung menjadi salah satu penjara yang kerap menjadi sorotan. Terlebih setelah lapas yang pernah dihuni Soekarno ini ditetapkan sebagai penjara khusus koruptor sejak 2012 silam.

Sejak berfungsi sebagai lapas koruptor, cukup banyak perubahan yang dilakukan. Mulai dari penambahan pengamanan hingga sejumlah fasilitas baru yang mungkin tidak akan ditemukan di penjara manapun di Indonesia.


Salah satunya adalah saung 'elite' yang pernah menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Saung yang konon dibangun dari hasil swadaya para penghuni lapas ini disebut memiliki fungsi sebagai tempat besuk.

Keberadaan saung ini membetot perhatian publik lantaran disebut-sebut tampil mewah. Saung itu kerap dipergunakan para narapidana untuk berjumpa keluarga dan kolega sambil menikmati sajian makan-minum dan menggelar aneka acara.

Penampakan saung elite yang ada di dalam SukamiskinPenampakan saung elite yang ada di dalam Sukamiskin (Foto: Dok. detikcom)


Saung beragam ukuran ini terbuat dari bambu. Sisi kanan-kirinya saung terpasang setengah dinding berbahan anyaman rotan dan beratap ijuk. Saat itu jumlah saung mencapai 36 unit dengan berbagai ukuran.

Jika dibandingkan dengan penjara lainnya, Sukamiskin memang terlihat lebih 'wah'. Contohnya saja jika dibandingkan dengan Lapas Banceuy dan Rutan Kebonwaru. Meski kesemuanya berada di Kota Bandung namun jika dibandingkan Sukamiskin juaranya.

Dari segi lahan parkir, Sukamiskin yang paling luas. Begitu juga dengan kendaraan yang terparkir akan dengan mudah ditemukan sejumlah mobil mewah. Itu bisa saja terjadi karena yang menjenguk adalah keluarga atau kolega koruptor dengan harta di atas rata-rata.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed