DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 18:05 WIB

Kebut Verifikasi Bacaleg, KPU Sudah Rampungkan Berkas 10 Parpol

Dwi Andayani - detikNews
Kebut Verifikasi Bacaleg, KPU Sudah Rampungkan Berkas 10 Parpol Ketua KPU Arief Budiman. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mengebut verifikasi administrasi bakal calon anggota legislatif 2019. Saat ini sudah 10 parpol yang telah selesai diverifikasi.

"Kalau dilihat tadi sudah selesai sekitar 9 atau 10 partai sudah (diverifikasi) selesai, tinggal beberapa partai lagi," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).


Arief mengatakan ada beberapa partai yang saat ini masih dalam proses verifikasi. Meski begitu, dia mengatakan tinggal 8 dapil lagi yang akan selesai diverifikasi.

"Beberapa partai belum selesai (diverifikasi), itu pun paling banyak 8 dapil lagi," kata Arief.

Namun Arief memastikan proses verifikasi akan selesai hari ini. Nantinya hasil verifikasi akan langsung diberikan kepada partai politik masing-masing.

"Hari ini selesai, hasilnya langsung kita kirim ke masing-masing partai," ujar Arief.


Sementara itu, Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan salah satu partai yang telah selesai diverifikasi adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sebab, PKPI hanya mencalonkan bacaleg di 77 dapil.

"PKPI sudah selesai karena tidak menyerahkan seluruh dapil, 177 orang yang dicalonkan," kata Ilham.

Ilham juga mengatakan KPU menambah tim untuk melakukan verifikasi. Hal ini dilakukan agar proses verifikasi dapat segera diselesaikan.

"Kita menambah tenaga lagi untuk melakukan verifikasi agar hari ini kita sudah bisa menyelesaikan seluruh proses verifikasi syarat calon yang saat ini tengah kita lakukan," ujar Ilham.


Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, pendaftaran caleg dilakukan pada 4-17 Juli 2018. Proses verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon dilakukan pada 5-18 Juli 2018.

Selanjutnya, penyampaian hasil verifikasi dijadwalkan pada 19-21 Juli 2018. Perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 22-31 Juli 2018. Verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 1-7 Agustus 2018. Sedangkan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 8-12 Agustus 2018.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed