DetikNews
Jumat 13 Juli 2018, 11:45 WIB

Asyik! Warga Bekasi Bisa Perpanjang SIM pada Malam Hari

Isal Mawardi - detikNews
Asyik! Warga Bekasi Bisa Perpanjang SIM pada Malam Hari Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Bekasi - Polres Metro Bekasi Kota membuka pelayanan 24 jam untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tidak hanya pagi hari, pelayanan tersebut dibuka pada malam hari.

"Dengan bahasa mudah, di Polres layani 24 jam full perpanjangan SKCK, untuk perpanjangan SIM melayani dari jam 07.00 malam sampai jam 08.00 pagi. Setelah jam 08.00 pagi diteruskan perpanjangannya di mal pelayanan. (Pelayanan) 24 jam 7 hari, jadi Minggu juga buka," terang Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto di Kota Bekasi, Jumat (13/7/2018).

Pelayanan 24 jam ini hanya dilakukan di Markas Polres Metro Bekasi Kota, Jalan Pramuka, Kota Bekasi. Bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan pada pagi hari bisa juga datang ke Polres Metro Bekasi Kota atau mendatangi gerai di mal maupun SIM keliling.


Tonton juga 'Jangan Menyalahgunakan NIK untuk Registrasi SIM Card!':

[Gambas:Video 20detik]

"Untuk pagi hari kita akan melaksanakan pembuatan SIM baru di Polres, mulai jam 08.00 WIB sampai jam 15.30 WIB. Sementara di mal pelayanannya melayani perpanjangan SIM dan SKCK baru itu dari pagi sampai jam empat sore, malamnya bisa di Polres," sambungnya.

Indarto mengatakan terobosan ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan polisi terhadap masyarakat mengingat animo masyarakat dalam perpanjangan maupun permohonan SIM baru di Polres Metro Bekasi Kota terus meningkat setiap saat.

"Semangat kita kan saat ini untuk pelayanan publik. Kita tahu salah satu hal yang menjadi masalah di sini adalah terlalu besarnya animo (membuat SIM/SKCK) dibandingkan sumber daya yang telah disiapkan untuk melayani. Kita sudah kembangkan mal pelayanan tetapi karena animo tinggi, sehingga banyak antrean," jelasnya.

Dengan hadirnya pelayanan 24 jam ini, diharapkan dapat memangkas antrean. Indarto mengimbau masyarakat tidak menggunakan calo dalam pembuatan SIM ini.

"SUdahlah, masyarakat nggak usah pakai calo. Saya nguber-nguber calo setiap hari. Apa sih yang diharapkan dari calo? Untuk ujian SIM sekarang kita sudah buka latihan (praktik) setiap hari Minggu. Lalu pelatihan teori di web Polres ada untuk pelatihan simulasi," tandasnya.



Asyik! Warga Bekasi Bisa Perpanjang SIM pada Malam Hari

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed