detikNews
Rabu 11 Juli 2018, 14:59 WIB

Bayi Orang Utan di Bukit Lawang Ditemukan Tewas

Erlangga Resi - detikNews
Bayi Orang Utan di Bukit Lawang Ditemukan Tewas Ilustrasi orang utan (Foto: Ari Saputra)
Medan - Bayi Orang Utan Sumatera (Pongo Abelii) ditemukan tewas di wilayah Bukit Lawang, Langkat, Sumatera Utara. Bangkai bayi Orang Utan yang berusia 3 tahun ini ditemukan pada 30 Juni lalu saat dibawa oleh induknya.

"Anak Orang Utan ditemukan mati tanggal 30 Juni oleh seorang pemandu dari HPI di Bukit Lawang," kata Kepala Bidang Teknis Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Adhi Nurul Hadi, Rabu (11/7/2018).



Adhi menyebutkan Orang Utan yang mati ini berjenis kelamin jantan. Belum diketahui penyebab pasti, satwa langka yang dilindungi itu mati.

"Jasadnya dibawa induknya yang kita beri nama Jeki. Pada saat mendapat laporan dari seorang pemandu soal temuan jasad anak Orang Utan, petugas langsung bergerak untuk melakukan evakuasi," papar Adhi.

Jasad anak Orang Utan ini dibawa ke kantor seksi. Di sana terlebih dahulu dilakukan autopsi yang dikoordinir oleh dokter hewan.



"Kebetulan untuk Orang Utan ini kita banyak mitra dengan NGO di Bukit Lawang untuk mengevakuasi dan melakukan tindakan lanjutan terhadap anak Orang Utan itu. Keesokannya jasad Orang Utan ini baru bisa dimakamkan," jelas Adhi.

Kepala Bagian Tata Usaha TNGL, Joko Iswanto menyebut dari hasil autopsi, tidak ditemukan luka tembak karena perburuan atau penyakit di tubuh anak Orang Utan itu. Hanya saja ditemukan lebam di beberapa titik pada bagian tubuh anak Orang Utan ini. Kemungkinan ada, penganiayaan yang di lakukan Orang Utan dewasa lainya terhadap si bayi Orang Utan.

"Ada indikasi, anak Orang Utan ini di aniaya oleh Orang Utan dewasa lainnya," ungkap Joko.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed