DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 14:17 WIB

Tuduh Tak Netral, Habiburokhman Adukan Panwas Makassar ke Bawaslu

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Tuduh Tak Netral, Habiburokhman Adukan Panwas Makassar ke Bawaslu Foto: Ketua Umum Lembaga Advokasi Hukum DPP Partai Gerindra Habiburokhman di kantor Bawaslu. (Wildan-detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Lembaga Advokasi Hukum DPP Gerindra Habiburokhman melaporkan Panwas Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ke Bawaslu RI. Panwas Kota Makassar dituduhnya tidak netral dalam menindak lanjuti 23 laporan dari paslon Munafri Ariffudin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

"Laporan terkait dugaan ketidaknetralan Panwas Kota Makassar dalam Pilwalkot Makassar kemarin," kata Habiburokhman kepada wartawan di kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).


Habiburokhman mengatakan Panwas Kota Makassar tidak melibatkan penyidik kepolisian dalam menyelidiki 23 laporan itu. Padahal, menurutnya peraturan Bawaslu No 14/2016 menjelaskan setiap proses dugaan pidana yang dilaporkan harus melibatkan Gakkumdu.

"Di mana ada 23 laporan yang disampaikan paslon Appi-Cicu yang ketika diproses tidak melibatkan unsur penyidik pada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). ," imbuhnya.


Tidak dilibatkanya Gakkumdu itu menurut Habiburokhman membuat paslon Appi-Cicu rugi. Sebab, laporan paslon Appi-Cicu jadi tidak diproses secara benar hingga akhirnya ditolak.

"Karena pada akhirnya laporan tersebut jadi tidak bisa diproses secara benar akhirnya ditolak. Padahal itu membuktikan adanya banyak masalah hukum dalam pilwalkot Makasar Kota," kata Habiburokhman.

Dia menambahkan, laporan hari ini telah diterima staf Bawaslu RI bernama Irfan Nugraha. Pada saat yang sama, tim mereka juga melaporkan ke Panwas Sulawesi Selatan.

"Jadi hari ini kami menyampaikan laporan resmi tertulis di Bawaslu RI, kami dari DPP Gerindra sebagai partai pengusung. Dan di Makassar saat yang sama tim kami mendampingi warga Makassar seorang pemilih yang memiliki legal standing untuk melaporkan juga ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan hari ini saat yang sama," tuturnya.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed