DetikNews
Kamis 05 Juli 2018, 14:49 WIB

Polisi: Tenaga Ahli KSP Jadi Korban Pencurian Modus Gembos Ban

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi: Tenaga Ahli KSP Jadi Korban Pencurian Modus Gembos Ban Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengklarifikasi informasi soal Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Armedya Dewangga yang menjadi korban begal. Hengki menegaskan, Armedya tidak dibegal atau dirampok, melainkan mengalami pencurian dengan modus gembos ban.

"Ini bukan begal atau perampokan yang identik dengan kekerasan. Ini adalah terkait modus dengan penipuan terkait dengan penipuan yang memberi informasi palsu pada korban bahwa bannya gembos, ban kempes," terang Kombes Hengki kepada wartawan di kantornya Jalan S Parman, Jakarta Barat, Kamis (5/7/2018).

Hengki mengatakan, korban dikelabui oleh para pelaku setelah diberitahu bahwa ban mobilnya mengalami gembos atau kempes. Dalam KUHP, kejahatan ini digolongkan ke dalam pencurian dengan pemberatan (curat).

"Jadi bukan ban dikempesin terus diambil barangnya, bukan. Orang ini (korban) ditipu, dibilang mobilnya kempes, dia (koran) nengok kemudian diambil barangnya. Artinya di sini masuk dalam pencurian dan pemberatan," lanjutnya.


Dalam kejadian ini, korban kehilangan tas berisi MacBook dan beberapa barang berharga lainnya. Sementara saat kejadian pada tanggal 8 Juni lalu, kata Hengki, korban tidak membuat laporan polisi soal kejadian tersebut, melainkan hanya laporan kehilangan barang saja.

"Kami adakan penyelidikan lebih lanjut karena pada 8 Juni tersebut, korban hanya laporkan kehilangan," ungkapnya.

Meski demikian, polisi proaktif menindak lanjuti informasi terkait kasus tersebut. Polisi akan menyelidiki kasus itu lebih mendalam.

"Terlepas dari itu semua, dari Polsek tamansari, sudah proaktif membuat laporan model A. Surat perintah penyelidikan dan lakukan penyelidikan," sambungnya.

Peristiwa tersebut terjadi di depan City Walk, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat pada tanggal 8 Juni 2018 lalu. Armedya yang merupakan Ahli Muda di
di Kedeputian III Bidang Kajian Pengelolaan dan Isu Ekonomi Strategis KSP, telah melaporkan kehilangan barang ke Polsek Tamansari.





(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed