detikNews
Selasa 03 Juli 2018, 16:45 WIB

Situs Diretas, Data Hitung Cepat KPU di Pilkada Berubah

Dwi Andayani - detikNews
Situs Diretas, Data Hitung Cepat KPU di Pilkada Berubah Foto: Ilustrasi KPU. (Dwi Andayani/detikcom).
Jakarta - Situs KPU mengalami gangguan akibat diretas. Hal ini mengakibatkan adanya perubahan perhitungan cepat data Pilkada Serentak 2018.

"Dampaknya ada perubahan terkait informasi yang kami sampaikan kepada masyarakat," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (3/6/2018).

Ilham mengatakan perubahan ini sempat terjadi di beberapa daerah. Data yang berubah terjadi pada formulir model C1-KWK atau sertifikat pemungutan suara yang dikumpulkan dari masing-masing KPU di daerah.


Tonton juga video 'Bamsoet Minta KPU untuk Kembali ke Jalan yang Benar':

[Gambas:Video 20detik]


"Di beberapa tempat atau daerah sempat ada perubahan yang tidak sesuai dengan yang kita kumpulkan data C1-nya, dan itu kan membuat informasi yang salah pada masyarakat," ujar Ilham.

Menurutnya, agar tidak terjadi kesalahan dalam informasi, maka situs KPU saat ini dimatikan sementara. Namun Ilham memastikan proses pengumpulan C1 tetap dijalankan.


"Sehingga agar lebih maksimal dalam memberi informasi kepada masyarakat, kita off-kan dulu. Tapi proses C1 tetap diunggah, tetap jalan," ujarnya.

Diketahui situs KPU tidak dapat dibuka sejak hari Jumat (29/6) sampai saat ini. Tidak hanya situs infopemilu.kpu.go.id saja, situs jdih.kpu.go.id pun tidak dapat diakses.

Situs Diretas, Data Hitung Cepat KPU di Pilkada Berubah

(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com