DetikNews
Selasa 03 Juli 2018, 15:50 WIB

Situs Diretas, KPU Koordinasi ke Polri dan Kominfo

Dwi Andayani - detikNews
Situs Diretas, KPU Koordinasi ke Polri dan Kominfo Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Laman rekapitulasi Pilkada 2018 di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) diretas. KPU sudah berkoordinasi ke kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kami udah berkoordinasi dengan kepolisian, Kominfo sudah, dan beberapa ahli juga kita mintai pendapat," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).


KPU juga sudah membuat laporan terhadap peretasan situsnya ke kepolisian. Hingga saat ini, belum diketahui pelaku yang meretas situs KPU.

"Sudah, sudah kami bikin laporannya," ujar Arief.

Pasca-peretasan, KPU menerangkan sistem informasi perhitungan tidak bisa memberikan hasil penetapan Pilkada 2018. Arief mengatakan nantinya hasil akhir pemenang Pilkada 2018 akan diambil berdasarkan rekapitulasi berjenjang. Rekapitulasi ini nantinya akan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di masing-masing tingkatan.


"Yang digunakan sebagai bahan penetapan adalah rekap berjenjang yang dilakukan secara manual di masing-masing tingkatan," ujar Arief

"Rekapitulasi hasil perhitungan suara yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka di tiap tingkatan. Itu yang dijadikan bahan penetapan (pemenang)," sambungnya.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed