DetikNews
2018/06/29 08:01:26 WIB

Pernyataan Bombastis yang Bikin Berat Vonis Fredrich Yunadi

Haris Fadhil, Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 6
Pernyataan Bombastis yang Bikin Berat Vonis Fredrich Yunadi Fredrich Yunadi yang tidak terima divonis 7 tahun penjara (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Tok! Tok! Tok! Palu hakim dihantamkan ketua majelis hakim Saifuddin Zuhri dalam persidangan Fredrich Yunadi. Entah sudah berapa kali Saifuddin harus menengahi perdebatan yang terjadi antara Fredrich dengan jaksa KPK.

Mantan pengacara Setya Novanto itu kerap pula ditegur Saifuddin lantaran ucapan atau sikapnya dinilai tidak pantas ditunjukkan di dalam ruang sidang. Mulai dari argumennya tentang 'luka benjolan segede bakpao di dahi Novanto' hingga sering menyebut saksi dengan panggilan 'situ' membuat Fredrich ditegur hakim.


Bahkan hingga selepas pembacaan vonis terhadapnya pada Kamis, 28 Juni 2018, Fredrich masih melontarkan tudingan pada jaksa KPK hingga majelis hakim. Dia tidak terima divonis 7 tahun penjara karena dianggap terbukti melakukan perintangan penyidikan.

"Mereka (jaksa KPK dan majelis hakim) betul-betul sedang berkomplot mengubah konstitusi Indonesia, itu fakta kalian sudah lihat sendiri," kata Fredrich berapi-api seusai menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat.

Pembawaan Fredrich yang emosional itu rupanya menjadi salah satu pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan vonis. Meski putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK yaitu 12 tahun penjara.


"Terdakwa tidak terus terang di persidangan, tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi, menunjukkan sikap dan tutur kata kurang sopan, dan terdakwa juga mencari kesalahan pihak lain," ujar hakim saat membacakan hal-hal yang memberatkan hukuman Fredrich.

Berbagai pernyataan bombastis memang kerap terlontar dari Fredrich, bahkan jauh sebelum sidang perdana pembacaan dakwaannya pada 8 Februari 2018. Berikut catatan detikcom mengenai kata per kata yang pernah diucapkan Fredrich, baik di dalam maupun di luar persidangan:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed