detikNews
Selasa 26 Juni 2018, 15:42 WIB

Cegah Atlet Asian Games Komplain Polusi, GBK Steril dari Kendaraan

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Cegah Atlet Asian Games Komplain Polusi, GBK Steril dari Kendaraan Jumpa pers soal paket kebijakan transportasi saat Asian Games 2018 (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Pemerintah berupaya mencegah polusi kendaraan saat perhelatan Asian Games 2018 berlangsung. Ini dilakukan untuk menghindari adanya komplain dari para atlet yang berlaga.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihatono dalam acara halalbihalal di Hotel Harris, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). Hadir pula Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah.

"Kita harus menekan di bawah (CO2 atau karbondioksida) 50 persen dari sekarang. Satuan milinya saya nggak hafal, tapi kita harus menekan 50 persen di bawah itu. Ya idealnya 0 persen, tapi nggak bisa seperti itu. Tetapi di venue sudah tidak ada lagi kendaraan yang bergerak. Artinya apa, kecil sekali kan untuk polusinya," kata Bambang.


Bambang menjelaskan, saat Asian Games berlangsung, kendaraan tidak diperbolehkan melintas di area Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Ini untuk mengurangi polusi kendaraan di GBK saat para atlet berlaga.

Kendaraan yang ingin masuk ke GBK akan diarahkan untuk parkir agak menjauh dari GBK. Gedung-gedung di sekitar GBK akan digunakan untuk lahan parkir saat Asian Games berlangsung.

"Pak Andri sudah sampaikan, park and ride itu disiapkan di venue-venue, misalnya di sekitar GBK, karena nggak ada mobil yang boleh masuk karena menjaga polusi. Jadi venue-venue itu tidak boleh terkontaminasi oleh polusi udara, bahkan di jalan raya sekitar itu mau kita tekan ya. Maka itu perlu pengaturan segala macam untuk menekan CO2," kata Bambang.


"Karena kalau CO2 polusi tinggi, atlet bisa komplain. Ini yang kita jaga, jangan ada atlet yang komplain," sambungnya.

Andri Yansyah mengatakan Dishub sudah menyiapkan beberapa titik untuk parkir kendaraan masyarakat yang ingin menonton Asian Games. Dari parkiran kendaraan, pihak Dishub sudah menyiapkan angkutan umum.

"Nanti kita akan pertebal terkait penggunaan parkir-parkir di gedung karena di area GBK nggak boleh ada kendaraan. Kendaraan atlet pun di luar. Jadi pengunjung, atlet, bisa menggunakan akomodasi yang sudah kita siapkan," kata Andri.

"Kami menyiapkan beberapa titik (lokasi parkir) yang kami miliki yang saat ini belum optimal penggunaannya. Di Kalideres, Lebak Bulus , Ragunan, Pulogebang, dan Kampung Rambutan. Di situ kita siapkan untuk transportasi ke venue," sambungnya.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com