DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 20:02 WIB

Beda Herman Hery-Ronny Soal Pemukulan di Busway, Siapa Benar?

Danu Damarjati, Carlo Venansius Homba - detikNews
Beda Herman Hery-Ronny Soal Pemukulan di Busway, Siapa Benar? Ronny Yunianto dan istri, mengaku dianiaya anggota DPR Herman Hery (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Herman Hery Dipolisikan
Jakarta - Seorang warga bernama Ronny Yunianto Kosasih melaporkan anggota DPR Herman Hery ke polisi. Herman dilaporkan dengan dugaan melakukan pemukulan terhadap Ronny. Namun pihak Herman membantah dugaan tersebut. Pengakuan siapa yang benar?

Menurut pengakuan pengacara Ronny, Febby Sagita dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/6/2018), cerita berawal saat Ronny, istri, dan kedua anaknya tengah melaju menggunakan mobil di jalur bus TransJakarta (busway), Mingu, 10 Juni 2018.


Sesampainya di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, mobil yang dikendarai Ronny berhenti. Ronny ditilang polisi.

Di belakang mobil Ronny yang ditilang, ada mobil Herman yang juga masuk busway. Ronny bertanya kepada polisi kenapa mobil Herman Hery tidak ditilang, dan polisi menjelaskan, "Teman saya sudah ditilang."

Namun Ronny mengaku tidak menyaksikan polisi menghampiri mobil Herman Hery. Herman dan ajudannya lantas keluar dari mobil, terjadilah penganiayaan. Ajudan Herman Hery disebut ikut menyerang Ronny. Istri yang turun dari mobil kemudian berusaha melerai, namun juga kena pukul. Dua anak korban dan satu suster menyaksikan kejadian itu.


"Brutal kalau udah sampai kayak gini. Ditendang mukanya. Ya brutal namanya," kata Ronny kepada wartawan di Polres Jaksel, Jalan Wijaya II, Kebayoran Lama, Kamis (21/6/2018).

Beda Herman Hery-Ronny Soal Pemukulan di Busway, Siapa Benar?Potret mobil yang diduga milik Herman Hery. Benarkah mobil itu milik Herman? (Lamhot Aritonang/detikcom)


Pengacara Ronny, Febby Sagita, yakin penganiaya Ronny dan istrinya adalah Herman. Soalnya mobilnya adalah Rolls Royce bernomor polisi B-88-NTT. Pihaknya mencari informasi ke komunitas otomotif dan akhirnya mereka mendapat kepastian soal pemiik mobil itu, yakni Herman.


Ronny kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi pada 11 Juni 2018 dengan bukti lapor bernomor LP/1076/VI/2018/RJS.

Menindaklanjuti kabar ini, detikcom telah berusaha menelepon Herman Hery, namun panggilan telepon via GSM maupun telepon WhatsApp belum diangkat. Pesan tertulis via WhatsApp juga belum direspons.

Datanglah bantahan dari pihak Herman melalui pengacaranya, Petrus Selestinus. Dia menyatakan kliennya tidak melakukan perbuatan sebagaimana yang disebutkan Ronny. Penuturan pihak Ronny disebutnya sebagai fitnah dan pembunuhan karakter terhadap Herman.


"Kronologi peristiwa kejadian di jalur Busway pada tanggal 10 Juni 2018 adalah tidak benar sepanjang hal itu dikaitkan dengan Herman Hery sebagai pelaku," kata pengacara Herman Hery bernama Petrus Selestinus dalam keterangan pers.

Dia menyesalkan pemberitaan yang dirasanya telah menuduh Herman secara sepihak, tanpa mengecek ke Herman Hery langsung. Menurutnya, kabar penganiayaan Ronny telah melanggar hak-hak Herman Hery.

Beda Herman Hery-Ronny Soal Pemukulan di Busway, Siapa Benar?Herman Hery, anggota DPR Komisi III dari Fraksi PDIP (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Karena itu berita yang menyebutkan bahwa Herman Hery sebagai pelaku pemukulan terhadap Saudara Ronny Kosasih Yuliarto (Ronny Yulianto Kosasih -red), jelas merupakan pembunuhan karakter terhadap Herman Hery, politis, dan tendensius terlebih-lebih tanpa konfirmasi dan cek and ricek," kata Petrus.


Bahkan Herman bakal melaporkan balik Ronny ke polisi. Pelaporan direncanakan dilakukan pada Senin (25/8) besok, menunggu kepulangan Herman dari luar negeri.

"Oleh karena itu Herman Hery akan menggunakan segala haknya untuk membela diri melalui upaya hukum yang tersedia yaitu melaporkan Saudara Ronny Kosasih Yuliarto (Ronny Yunianto Kosasih -red) yang telah memfitnah Herman Hery sebagai pihak yang disebut-sebut sebagai pelaku penganiayaan," kata Petrus.
(dnu/fdn)
FOKUS BERITA: Herman Hery Dipolisikan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed