DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 17:40 WIB

KPU: Persiapan Pilkada 2018 Capai 100%

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Persiapan Pilkada 2018 Capai 100% Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 tinggal 6 hari lagi. KPU Pusat mengatakan dari hasil laporan persiapan telah mencapai 100 persen.

"Sampai sejauh ini report yang masuk ke kita tidak ada kendala apapun. Ya persiapan (pilkada) mencapai 100 persen, saya sudah konfirmasi ke beberapa provinsi," ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2018).

Ia mengatakan terdapat kendala terkait pencetakan logistik di Papua. Namun menurutnya hal tersebut tidak mengganggu proses tahapan Pilkada.



"Kecuali beberapa kabupaten di Papua yang pencetakan logistiknya memang agak molor misalnya di kabupaten Paniai, kemudian Puncak Jaya. Tapi itu tidak menganggu tahapan karena proses produksinya bisa sangat cepat sekali," kata Arief.

Arief mengatakan saat ini logistik untuk pilkada telah didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota atau kecamatan. Arief yakin bila tidak terjadi kondisi cuaca yang ekstrim pada proses pendistribusian, maka tahapan dapat dilakukan sesuai jadwal.

"Logistiknya, secara umum semua posisi logistik sudah ada di kabupaten/kota, distribusi ke kecamatan juga sudah mulai dilaksanakan. Apalagi untuk daerah yang jalur transportasinya mudah itu gak akan ada kendala," kata Arief.



"Distribusi mudah-mudahan tidak ada cuaca ekstrim, misalnya ombak tinggi untuk daerah-daerah kepulauan atau cuaca yang cepat berubah. Kalau tidak ada cuaca yang ekstrim gitu saya masih optimis semua bisa dilaksanakan tepat," sambungnya.

Selain itu, menurutnya kesiapan terkait anggaran Pilkada telah mencapai 100 persen. Anggaran tersebut juga telah didistribusikan ke masing-masing KPU daerah.

"Yang kedua anggaran hampir 100 persen sudah didistribusikan ke KPU masing-masing. Hanya ada beberapa karena pencairannya itu bertahap, tahap yang terakhir itu baru kemungkinan dicairkan hari ini," ujar Arief.

Diketahui, KPU telah menetapkan pencoblosan pilkada serentak akan gelar pada 27 Juni 2018.171 daerah akan berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed