DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 08:58 WIB

Pemudik Ini Pilih Pantura Saat Tol Macet: Jomin Lancar Jaya

Dhani Irawan - detikNews
Pemudik Ini Pilih Pantura Saat Tol Macet: Jomin Lancar Jaya Ilustrasi kemacetan di tol (Foto: ilustrasi oleh Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Kemacetan di jalur tol menghantui para perantau yang kembali ke Ibu Kota pada Selasa (19/6) malam. Bagi mereka yang tak tahan berlama-lama terjebak macet, jalur pantai utara Jawa atau yang kerap disebut pantura menjadi pilihan.

Seperti yang dialami pemudik bernama Susanto yang berangkat dari Purbalingga, Jawa Tengah, pukul 09.30 WIB pada Selasa kemarin. Dia mengambil jalur tengah ke arah Guci, Tegal.


"Awalnya sih perjalanannya padat merayap karena banyak juga mobil-mobil yang arus balik mengambil jalur itu, pelat B, pelat F, pelat-pelat luar kotalah, tapi setelah sampai di Guci sih, yang mau menuju ke arah Tegal itu sudah lancar," kata Susanto ketika dihubungi detikcom, Rabu (20/6/2018).

Dalam perjalanan, Susanto mengandalkan panduan dari GPS dari aplikasi di telepon seluler (ponsel) yang menyarankannya melewati jalur alternatif sampai Brebes. Setelah itu, Susanto memutuskan masuk ke jalur tol dari Gerbang Tol Pejagan.

"Sampai di Ketanggungan saya diarahkan oleh GPS itu ke Pejagan, masuk tol Pejagan itu sudah sore sekitar 15.30 WIB. Masuk ke Pejagan, saya pikir lancar ternyata macet," kata Susanto.

Saat itu setahu Susanto, sistem satu jalur atau one way ke arah Jakarta belum diberlakukan. Karena terjebak macet, dia memutuskan keluar tol di Ciledug, Jatibarang, Jawa Barat untuk beristirahat dari pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB. Setelahnya, dia memutuskan melalui jalur pantura.

"Lewat jalur pantura aja, Plumbon kemudian Arjawinangun, Indramayu. Awalnya padat merayap tapi nggak terlalu pelan, agak kencang, setelah Indramayu lancar," ucapnya.


"Di Jomin saya pikir mungkin ini lancar sampai Cikarang atau Bekasi akhirnya kami putuskan masuk ke tol," sambung Susanto.

Saat di Jomin pada pukul 21.00 WIB, Susanto lanjut melalui jalur tol tetapi perjalanan macet hingga akhirnya dia memutuskan putar balik via Tol Dawuan pada pukul 22.30 WIB. Kepadatan arus balik kembali dirasakan Susanto hingga akhirnya keluar di Gerbang Tol Cibitung pada pukul 01.00 WIB pada Rabu (20/6).

"Jadi macet kemudian jalan, macet kemudian jalan, tapi banyak macetnya sampai kami keluar di Cibitung. Akhirnya ya sudah nggak terasa keluar dari Cibitung sudah jam 01.00 WIB atau 01.30 WIB," kata Susanto.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!


'Menhub Pastikan Jalur Pantura Tak Kalah Mulus dengan Tol'

[Gambas:Video 20detik]




(dhn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed