DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 12:32 WIB

Polres Kep Seribu Pastikan Buaya Tanjung Priok Tak Bahayakan Warga

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polres Kep Seribu Pastikan Buaya Tanjung Priok Tak Bahayakan Warga Anggota Ditpolair Polda Metro Jaya berpatroli mencari buaya beberapa waktu lalu. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Buaya Masuk Jakarta
Jakarta - Polres Kepulauan Seribu ikut mencari buaya di perairan Tanjung Priok, Jakarta. Patroli siang-malam dilakukan untuk memastikan warga aman.

"Dari kita, kita pastikan aman, masyarakat di Pulau (Kepulauan, red) Seribu aman, jangan khawatir karena kita patroli terus," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Viktor Siagian kepada detikcom, Selasa (19/6/2018).


Dia mengatakan petugas akan terus berpatroli hingga buaya itu ditemukan. Titik patroli difokuskan pada titik laut terluar, yakni di daerah Pulau Bidadari, Pulau Air, dan Pulau Seribu.

Viktor mengatakan, sejak kemunculan buaya itu pada Kamis (14/6) hingga hari ini, petugas belum melihat keberadaan hewan tersebut. Ia juga memastikan buaya tersebut aman dan tak mengganggu masyarakat. Sebab, kata dia, secara natural, semestinya buaya itu menghindari manusia.


"Yang jelas harus disebarkan ke masyarakat bahwa (buaya) ini tidak mengganggu masyarakat, kita benar-benar jaga supaya jangan sampai lepas ke mana, nah kalau kita dapat kita amankan," ujar dia.

Viktor mengatakan ada 10 personel kepolisian yang berpatroli menggunakan satu kapal. Petugas membawa tali untuk mengikat buaya tersebut.


Petugas yang berpatroli juga membawa senjata laras panjang. Namun senjata ini baru akan dipakai jika petugas dalam kondisi bahaya. Penembakan terhadap buaya jadi opsi terakhir.

"Tapi untuk melakukan penembakan kayaknya itu opsi paling terakhir. Selama (buaya) nggak membahayakan sih nggak," ujar Viktor.


Buaya ini ditemukan di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, yang merupakan area latihan anggota Satuan Pasukan Katak (Satpaska), pada Kamis (14/6) lalu. Buaya itu sempat 2 kali ditembak petugas di bagian leher dan belakang kepala. Sejak saat itu, belum ada kabar soal kemunculan kembali reptil tersebut.
(jbr/jbr)
FOKUS BERITA: Buaya Masuk Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed