Polisi: Pria Nyaru Jadi Emak-emak Kemungkinan Sindikat Copet

Sahaya Annisa - detikNews
Sabtu, 09 Jun 2018 03:00 WIB
Pria diduga nyopet nyamar jadi emak-emak di Tn Abang (Foto: Screenshot video)
Jakarta - Video pria berjilbab yang ditangkap warga di pusat perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat, sempat viral di media sosial. Polisi menduga pria itu bagian dari sindikat pencopet.

"Cowok ya memang ini kemungkinan memang dia pelaku ya, karena dia dari niatnya saja sudah tidak baik gitu lho," kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono kepada detikcom, Jumat (8/6/2018).


Dalam kasus ini, polisi melihat ada unsur niat jahat pria tersebut dengan menyamar sebagai seorang perempuan. Sayangnya, tidak ada barang bukti yang berhasil disita dari pria tersebut. Polisi juga tidak bisa menyelidiki kasus itu lebih dalam karena warga melepasnya.

"Karena pada saat itu kenapa tidak diserahkan (ke polisi), mungkin barangnya langsung dikembalikan (ke) korban," lanjut Lukman.

Dari beberapa kasus pencopetan yang tertangkap tangan baik oleh warga maupun polisi, sering dijumpai kondisi korban yang enggan melanjutkan kasus itu ke proses hukum. Lukman menyebut, korban tidak melaporkan ke polisi dengan alasan yang penting barang kembali ke tangan.


"Korban biasanya males ribet. Biasanya korban 'ya sudah yang penting barang saya kembali', 'saya kelamaan ini atau saya mau buru-buru mau naik kereta atau apa'. Biasanya gitu," tuturnya. (mei/tsa)