DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 21:53 WIB

13 Murid SD Dicabuli, Komnas PA Sindir Kota Depok 'Ramah Anak'

Matius Alfonso - detikNews
13 Murid SD Dicabuli, Komnas PA Sindir Kota Depok Ramah Anak Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat mendatangi Polresta Depok (Foto: Matius Alfonso/detikcom)
Depok - Pemerintah Kota Depok menyematkan diri sebagai kota ramah anak. Namun kondisi ini dinilai Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menjadi sebuah ironi setelah mencuatnya kasus pencabulan 13 murid SD oleh eks guru berinisial R (28).

Terkait kasus ini, Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mendesak Wali Kota Depok M Idris untuk membuat perubahan program, terutama menyangkut masalah keamanan dan keselamatan anak.


"Karena kota ini kan sudah dinyatakan dari 2 tahun lalu sebagai kota ramah anak, tapi nyatanya bukan kota ramah anak ini. Dari situ juga diperlukan partisipasi semua pihak agar program-program ini sampai ke desa," kata Arist kepada wartawan di Mapolresta Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Jumat (8/6/2018).

Kasus ini memberi pelajaran penting bagi Pemkot Depok untuk membuat perubahan dalam melindungi anak-anak sebagai pelaku maupun korban kejahatan. Sehingga, Kota Depok menjadi kota yang betul-betul tamah bagi anak dan masa depannya.


"Ya tentu peristiwa ini tak perlu menjadi bahan mempersalahkan orang lain, tapi ini menjadi munculnya program-program di setiap kelurahan dan kecamatan sehingga tercipta beneran Depok ini kota ramah anak," ujarnya.

Terkait kasus pencabulan oleh eks guru ini, Arist menunggu Pemkot Depok untuk segera mewujudkan kotanya sebagai kota ramah anak seperti tagline-nya selama ini.


"Kita akan minta nanti agar kelurahan-kelurahan itu betul-betul ramah anak seperti adanya PAUD dan sebagainya," katanya.

Arist juga menyoroti maraknya aksi kriminalitas yang dilakukan para remaja di Kota Depok pada malam hari.


"Khususnya aksi-aksi jam malam ini untuk mengantisipasi remaja-remaja yang sampai jam 2, jam 3 masih bergerombol dan tak dicari orang tuanya. Berarti ini fungsi desa dan fungsi kelurahan masih harus ditingkatkan," katanya.
(mei/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed