DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 17:03 WIB

Polisi Tangkap Komplotan Pencuri yang Beraksi di Tangsel-Surabaya

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polisi Tangkap Komplotan Pencuri yang Beraksi di Tangsel-Surabaya Komplotan pencuri modus pecah kaca ditangkap aparat Polres Tangsel. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Tangerang Selatan - Polisi menangkap 4 pelaku pencurian dengan modus pecah kaca di Jalan Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan. Para pelaku membawa kabur uang ratusan juta rupiah.

"Pelaku mengambil 2 tas di dalam mobil berisikan uang tunai Rp 100 juta dan uang dolar Singapura senilai SGD 18 ribu," kata Kapolres Tangsel AKBP Ferdi Irawan di kantornya, Selasa (5/6/2018).


Keempat pelaku, yakni Irfan, Adi, Ahmad, dan Fahri, ditangkap pada Senin (4/6) di wilayah Jakarta. Dua di antaranya ditembak di bagian kaki karena mencoba kabur saat akan ditangkap.

Aksi perampokan itu dilakukan para tersangka pada akhir Mei silam. Saat itu mobil korban sedang terparkir di depan sebuah klinik.

Tersangka yang datang menggunakan sepeda motor lalu memecahkan kaca mobil menggunakan obeng. Mereka hanya membutuhkan waktu 2 menit dalam menjalankan aksi tersebut.


"Rata-rata waktu yang mereka butuhkan 1 sampai 2 menit. Di Tangsel, mereka sudah 3 kali. Mereka juga pernah (mencuri) di Tanjung Priok dan Surabaya," imbuhnya.

2 pelaku ditembak karena melawan dalam proses penangkapanDua pelaku ditembak karena melawan saat proses penangkapan. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)

Dalam aksinya, kawanan pelaku juga membekali diri dengan senjata api organik jenis revolver. Polisi kini masih menyelidiki asal senjata yang dipegang pelaku.


"Ada satu pucuk senjata revolver kita duga organik dan 12 butir peluru kita dapatkan saat penggeledahan. Senpi ini masih koordinasi dengan bagian logistik, baik Polda maupun Mabes, untuk cek nomor registrasi," ujarnya.

Selain itu, polisi menyita barang bukti lain berupa obeng dan sepeda motor milik tersangka. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman 7 tahun penjara.




'Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Rumah Kosong, Dua Tewas Didor'! Tonton video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed