DetikNews
Rabu 30 Mei 2018, 15:12 WIB

Ramadan 2018

Opor, 'Harta Karun' Berbuka Puasa di New Delhi

Tjandra Yoga Aditama - detikNews
Opor, Harta Karun Berbuka Puasa di New Delhi Ilustrasi opor ayam. Foto: shutterstock
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
New Delhi - Seminggu sebelum awal puasa tahun ini, saya membawa 'harta karun' dari rumah di Cilandak, Jakarta Selata ke rumah di New Delhi, India. Yakni opor!

Sebanyak 10 plastik kecil opor, 30 plastik sambel goreng kentang hati ayam dan 50 plastik kecil es buah, semua saya bawa pakai koper kecil. Agar tahan lama, sebelum dibawa, makanan tersebut sudah masuk freezer terlebih dahulu dulu selama seminggu.

Jadi, pada saat masuk koper, 'harta karun' tersebut jadi beku dan keras, langsung masuk bagasi yang tentunya dingin di pesawat, dan sampai India langsung masuk lagi ke freezer.



Dengan perbekalan lengkap ini, saya tidak perlu buka puasa dengan makan kare atau makanan populer India lainnya masala dosa. Dosa adalah semacam tepung yang dibuat lempengan tipis seperti kulit martabak yang di dalamnya diisi berbagai bumbu.

Sedangkan masala adalah sebutan untuk semua makanan yang diberi bumbu-bumbu. Teh susu yang diberi bumbu saja disebut masala tea. Kadang terasa aneh juga menyebut buka puasa dengan masala yang ucapannya terdengar seperti masalah. Apalagi ditambah dengan dosa, hahaha.



Apapun cerita berkesan Ramadan Anda semua, semoga ibadah puasa kita semua di bulan Ramadan ini mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT. Amin.



*) Prof Tjandra Yoga Aditama Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dan Mantan Kepala Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Kementerian Kesehatan RI Sekarang bertugas di WHO South East Asia Regional Office di New Delhi.




Bagi Anda para pembaca detikcom yang memiliki cerita berkesan Ramadan seperti di atas, silakan kirimkan tulisan Anda ke e-mail: ramadan@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak Anda dan foto-foto penunjang cerita.

(rns/rns)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed