ADVERTISEMENT

Adik Zumi Zola Bungkam soal Duit yang Disita KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kamis, 24 Mei 2018 16:31 WIB
Adik Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola, Zumi Laza Zulkifli. (Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Adik Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola, Zumi Laza Zulkifli, enggan berkomentar soal uang yang disita KPK dari vila keluarganya. Dia juga tidak menjawab soal asal-usul uang itu.

Setelah diperiksa di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018) pukul 15.45 WIB, Laza, yang mengenakan kemeja putih dan kacamata, tampak didampingi seorang laki-laki. Sekitar 10 menit kemudian, dia keluar dari ruang tunggu. Laza hanya melempar senyum dan sesekali tertawa saat ditanya soal uang yang disita KPK dari vila di Tanjung Jabung, Jambi, pada pengujung Januari lalu.


Dia juga enggan menjawab soal jumlah banyak brankas di vila keluarga itu. Laza hanya mohon pamit kemudian beranjak pergi menumpang mobil Toyota Calya hitam berpelat nomor B-2660-SOD.

Pada Selasa (22/5) dan Rabu (23/5), KPK juga memeriksa istri Zumi Zola, Sherin Taria, dan ibu Zumi Zola, Harmina Djohar, secara berturut-turut. Keduanya dimintai keterangan soal uang yang disita KPK terkait kasus gratifikasi sejumlah proyek di Jambi dengan tersangka Zumi Zola.

Saat itu, KPK menyita uang dalam pecahan rupiah dan dolar. Pengacara Zola, M Farizi, pernah menyebut ada sejumlah brankas di kediaman keluarga tersebut.


"Uangnya kan kita belum tahu yang mana. Karena pada saat digeledah, Zumi Zola kan nggak ada di sana. Itu brankas-brankas kan punya keluarga besar, nanti kita cek yang mana yang disita," ujar Farizi dalam jumpa pers di Ariobimo Sentral, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (9/2).

Zumi Zola tersangkut kasus gratifikasi sejumlah proyek di Jambi. Penetapan tersangka Zumi Zola merupakan pengembangan perkara suap ke anggota DPRD Jambi terkait pengesahan APBD Jambi 2018. Diduga, ada irisan dari duit gratifikasi tersebut dengan suap Rp 6 miliar ke DPRD. (nif/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT