DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 11:51 WIB

Kantor Polisi di Jakbar Dipasang Sistem Alarm Tanda Bahaya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kantor Polisi di Jakbar Dipasang Sistem Alarm Tanda Bahaya Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Serangan terorisme menjadi salah satu kewaspadaan polisi. Untuk meningkatkan keamanan di markas polisi, kantor polsek hingga Polres Jakarta Barat kini dipasang sistem alarm tanda bahaya.

"Pemasangan sistem panic button ini merupakan langkah kepolisian dalam meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, dengan adanya sistem ini sebagai langkah awal deteksi dini dari segala hal ancaman yang dapat terjadi," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

Alarm tanda bahaya dipasang di markas polisi di JakbarAlarm tanda bahaya dipasang di markas polisi di Jakbar Foto: dok. Istimewa

Tombol alarm itu dipasang di pos jaga, sementara pengeras suaranya diarahkan ke lingkungan dalam markas. Petugas di pos jaga tinggal memencet tombol alarm sebagai peringatan jika mendapat serangan atau bahaya lainnya.

Dengan adanya alarm ini, polisi harus bersiaga dan mengetahui apa yang harus dilakukan dalam menghadapi ancaman dan gangguan. Selanjutnya, anggota bersiaga di posisi dan peran masing-masing.

"Kita harapkan dengan adanya alarm ini mampu melindungi personel yang sedang melaksanakan tugas jaga dari adanya ancaman penjahat," kata Hengki.


Selain itu, polisi bisa langsung melindungi masyarakat yang sedang meminta pelayanan di kepolisian. Sehingga, bisa meminimalisir adanya korban dari pihak masyarakat.

"Jadi, kita bisa melindungi masyarakat yang sedang berada di dalam markas. Kemudian mengingatkan dia juga," ucap Hengki.

Sementara itu, Kapolsek Kembangan Kompol Supriadi, mengatakan alarm tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesiap siagaan anggota di dalam markas.

"Jadi, ketika ada serangan ke markas, kita sudah siap. Dengan begitu pula kita bisa segera melumpuhkan pelaku kejahatannya," kata Supriadi.


(aik/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed