DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 11:37 WIB

Sandi Luncurkan 'Jakarta BERiDE' untuk Tampung Ide Kreatif Warga

Indra Komara - detikNews
Sandi Luncurkan Jakarta BERiDE untuk Tampung Ide Kreatif Warga Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melaunching Jakarta BERiDE di ruang Jakarta Smart City, Balai Kota, Jakarta. Platform ini untuk menampung ide dari masyarakat yang nantinya dieksekusi oleh Pemprov DKI.

"jakarta.beride.id ini adalah platform yang akan menampung partisipasi masyarakat dalam memberi ide untuk menata Jakarta menjadi kota yang liveable, kota yang lebih sustainable, kota yang lebih Insyaallah maju dan berkembang untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan warganya," kata Sandi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).


Melalui platform ini, Sandi berharap partisipasi warga untuk menuangkan ide yang out of the box. Sandi berharap ada masukan dari masyarakat selain ide-ide yang didorong dari SKPD.

"Jadi ada beberapa ide-ide yang fresh yang out of the box, yang mungkin kalau kita di dinas kan udah berkutat dengan isu yang sama terus menerus yang kadang nggak lihat ide baru. Jadi ini out of the box thinking yang dibantu oleh partisipasi masyarakat," ujarnya.


Sandi menjelaskan, ide yang masuk dari masyarakat nanti akan melewati proses kurasi sebelum direalisasikan. Kuratornya, kata Sandi, akan melibatkan ahli perencanaan kota.

"Kita akan bawa ide tersebut untuk ditindaklanjuti dan tentunya harus ada seperti kuratornya. Tadi seperti ada iktan ahli perencanaan untuk tata kota, untuk nanti di bidang, Pasar Jaya tadi juga terlibat, kalau untuk menciptakan lokasi sementara, lokasi binaan, untuk para pengusaha pemula nanti akan dilibatkan," terangnya.
Sandi Luncurkan Jakarta 'BERiDE' untuk Tampung Ide Kreatif WargaFoto: Peluncuran Jakarta BERiDE (Indra Komara/detikcom)

Pemprov juga bakal memberi reward jika ada ide dari masyarakat yang terpilih. Namun, untuk saat ini pemprov fokus kepada masukan ide masyarakat terlebih dulu.

"Ini sekarang kita launching dulu. Kita harapkan organik, mereka tumbuh berkembang tapi pada titik tertentu nanti ada kerja samanya dengan MRT Jakarta, bisa juga dengan Jakpro, bisa juga non BUMD swasta untuk memberikan reward kepada masyarakat yang memberikan ide," papar Sandi.


Simak juga peluncuran Jakarta 'BERiDE' lewat video berikut:

(idn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed