detikNews
Selasa 22 Mei 2018, 18:25 WIB

Maruarar Sirait soal Rekomendasi 200 Mubalig: Menag Gagal Paham

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Maruarar Sirait soal Rekomendasi 200 Mubalig: Menag Gagal Paham Maruarar Sirait (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) merilis rekomendasi 200 mubalig. Politikus muda PDIP Maruarar Sirait menilai hal tersebut menandakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin gagal memahami visi-misi dalam Nawacita Joko Widodo (Jokowi).

"Menurut saya, Menteri Agama gagal paham dia bekerja untuk siapa dan gagal memahami apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi," kata Maruarar saat menjadi narasumber dalam survei nasional 'Evaluasi 3,5 Tahun Jokowi-Jusuf Kalla: Quo Vadis Nawa Cita', di Hotel Atlet Century, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).



Maruarar mengatakan ia menyayangkan sikap Menag yang justru mengeluarkan rekomendasi yang berbeda dengan visi-misi Jokowi. Padahal, saat ini, Jokowi tengah berusaha merangkul berbagai kalangan, terutama kalangan ulama dari berbagai ormas dan tokoh.

"Tapi kebijakan Menteri Agama justru seperti itu. Harusnya seorang menteri itu mengerti dan memahami presidennya. Karena tidak ada visi-misi menteri. Yang ada visi-misi presiden, baik dalam Nawacita maupun gestur maupun langkah-langkah yang dilakukan Pak Jokowi," ujarnya.



Sebelumnya, Kemenag meluncurkan daftar 200 nama penceramah yang direkomendasikan. Daftar itu dirilis mengingat Kemenag kerap mendapat pertanyaan tentang rekomendasi penceramah atau mubalig.

Kemenag menjelaskan daftar ini dibuat guna melayani masyarakat terkait daftar mubalig atau penceramah. Kemenag menegaskan daftar ini akan terus diperbarui.

"Itu rilis awal, kami update berikutnya," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (19/5).
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed