DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 05:43 WIB

Sosok Gubernur Zaman Now di Mata Djarot Saiful Hidayat

Erwin Dariyanto - detikNews
Sosok Gubernur Zaman Now di Mata Djarot Saiful Hidayat Djarot Saiful Hidayat (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Calon gubernur Sumatera Utara Djarot saiful Hidayat bicara soal sosok gubernur zaman now. Menurut dia hakikat seorang pemimpin adalah melayani dan bekerja untuk orang lain.

"Ya dia (pemimpin) harus lebih merakyat, tidak jaim, ramah, komunikatif dan turun ke bawah," kata Djarot dalam acara d'Candiate yang ditayangkan detikcom, Senin (21/5/2018).



Politisi PDIP yang pernah menjadi Wali Kota Blitar, Jawa Timur dua periode, wakil gubernur dan kemudian gubernur Jakarta itu mengatakan tak ada beda model kepemimpinan baik di Jawa mau pun luar Jawa. Yang membedakan adalah di Jakarta itu karena otonomi khusus sehingga gaya kepemimpinan harus diubah.

"Gubernur dan wakil gubernur sekali-sekali harus blusukan ngantor di dareah, seminggu bisa dua kali sehinga kita bisa mengimplementasikan program-program," kata Djarot.



Bicara soal Sumut, Djarot kemudian menyebut bahwa itu selain Sumatera Utara juga akronim dari Semua Urusan Mudah dan Transparan. "Birokrasi itu mempermudah urusan, bukan mempersulit urusan yang sulit harus dipermudah bukan sebaliknya," kata dia.

Bicara soal angka korupsi, Djarot menyebut bahwa Sumut termasuk paling banyak pejabatnya yang jadi tersangka. Ini bukan karena tak ada sistem pencegahan. Namun karena orang di balik sistem itulah yang bermasalah.



(erd/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed