DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 20:37 WIB

Masih Perlu Istirahat, Novel Baswedan Belum Bisa Kembali Bekerja

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Masih Perlu Istirahat, Novel Baswedan Belum Bisa Kembali Bekerja Novel Baswedan di KPK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Penyidik senior KPK Novel Baswedan kembali menjalani kontrol mata setelah pemasangan artificial cornea di Singapura. Dokter menyatakan Novel masih memerlukan istirahat dan belum bisa kembali bekerja.

"Tadi dokter memberikan keterangan bahwa sampai tanggal 28 Juni 2018, Novel masih harus beristirahat dan belum bisa mulai bekerja karena menurut dokter masih 'unfit for duty'," ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (21/5/2018).


Sementara itu, menurut Febri, kondisi mata kiri Novel yang dipasangi artificial cornea telah membaik. Darah beku yang sebelumnya ada di belakang lensa kini sudah jauh berkurang.

Progres lainnya, penglihatan bagian atas mata kiri, yang semula tidak terlihat, kini disebut Febri sudah terlihat. Walau penglihatan membaik, masih menyisakan masalah lain, seperti pandangan berbayang.

"Penglihatan kiri semakin jelas, tetapi beberapa permasalahan sebelumnya masih tetap, yaitu lebar pandangan yang sempit dan pandangan berbayang (double vision) dan penglihatan masih agak gelap dibanding mata kanan," tutur Febri.

Menurut Febri, pandangan yang gelap dikarenakan kondisi saraf yang lemah. Yang perlu diperhatikan, lanjut Febri, menjaga tekanan bola mata agar tidak tinggi. Pasalnya, kondisi tersebut bisa memperburuk saraf mata kiri.


"Besok dijadwalkan dilakukan pemeriksaan dengan dokter ahli glaukoma dan dokter untuk cek kondisi lensa mata," kata Febri.

Untuk mata kanan Novel, dokter masih merespons untuk tidak melakukan apa pun selain menjaga kondisi mata kanan agar tidak turun. Pertumbuhan pembuluh darah lensa mata kanan yang terkena luka 'carutan' juga dikatakan bertambah. Namun dokter bisa saja melakukan upaya lebih lanjut jika kondisinya menurun.

"Jika kondisi memburuk, akan dilakukan operasi seperti halnya mata kiri," ujar Febri.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed