Gatot Dapat Dukungan Maju Pilpres dari Ulama Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 10 Mei 2018 14:37 WIB
Ulama Cirebon memberi dukungan kepada Gatot. (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Sejumlah ulama di Cirebon mendeklarasikan dukungan kepada Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo untuk maju pada Pilpres 2019. Gatot, yang hadir di lokasi acara, tampak terkejut.

Deklarasi dukungan terhadap Gatot itu dilakukan di kompleks Ponpes Ulumuddin Susukan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018). Mantan Panglima TNI itu menyatakan berterima kasih telah didukung para ulama di Cirebon.

Bahkan Gatot menyatakan kaget dengan adanya dukungan tersebut. Pasalnya, Gatot mengaku tak mengetahui ada rencana deklarasi dukungan untuknya.


"Saya di sini untuk menghadiri acara haul KH Bunyamin ke-30. Mengenai deklarasi, itu di luar pengetahuan saya," ucap Gatot seusai acara deklarasi.

Meski begitu, Gatot mengaku siap mengemban amanah dari para ulama yang telah mendukung dan mendoakannya untuk maju pada Pilpres 2019. Dia mengatakan saat ini tengah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah parpol. Namun Gatot enggan menyebutkan nama-nama parpol yang tengah berkomunikasi dengannya.

Gatot Dapat Dukungan Maju Pilpres dari Ulama CirebonUlama Cirebon memberi dukungan kepada Gatot. (Sudirman Wamad/detikcom)

"Belum ada parpol yang melamar. Kita lihat saja nanti bulan Agustus mendatang," ucapnya.

Di tempat yang sama, perwakilan dari ulama, KH Badawi Murai, menilai Gatot merupakan sosok yang layak untuk maju pada Pilpres 2019. Menurut Badawi, Gatot merupakan calon alternatif di tengah konflik antara pihak oposisi dan propemerintah, yang dinilai mulai tak kondusif.


"Kita sering melihat di berita-berita kampanye yang tak etis, bahkan sarkas, antara yang oposisi dan yang propemerintah. Kiai memiliki keprihatinan dengan itu. Gatot layak maju, layak didukung. Apalagi Gatot orangnya religius dan dekat dengan anak buah," kata Badawi.

Badawi menambahkan, deklarasi tersebut dihadiri oleh 10 perwakilan kiai yang berasal dari Wilayah III Cirebon. "Ini hanya perwakilan, banyak kiai lainnya yang siap mendukung Gatot maju pada pilpres," tutupnya. (elz/elz)