DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 14:44 WIB

Sudirman Said: Banyak Pemimpin Berakrobat Selfie, Lupa Kerja

Erwin Dariyanto - detikNews
Sudirman Said: Banyak Pemimpin Berakrobat Selfie, Lupa Kerja Cagub Jawa Tengah, Sudirman Said (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Melalui sebuah buku berjudul 'Dear Millenials', calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, berbicara tentang sosok pemimpin masa depan. Buku itu berisi pokok-pokok pikiran dirinya tentang kepemimpinan dan aspek kehidupan lainnya serta kutipan inspiratif sejumlah tokoh besar, seperti Gandhi, M Hatta, Agus Salim, Sjahrir, Jenderal Sudirman, dan lainnya.

Menurut Sudirman, selama ini peran pemimpin dianggap terlalu serius. Hal-hal yang dianggap serius tentu susah masuk dunia anak-anak muda sekarang. "Sementara saya paham betul merekalah (generasi milenial) pemimpin masa depan. Oleh karena itu, (buku) saya kemas dengan agak ringan," kata dia saat tampil di acara d'Candidate detikcom yang tayang hari ini, Selasa (8/5/2018).

Lalu seperti apa sosok pemimpin masa depan di era 'kids zaman now'?



Dalam pengamatan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu, pemimpin akan sukses bila memiliki tiga aspek pengetahuan, yakni sejarah, wawasan, dan gambaran masa depan. Pertama, seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang sejarah berdirinya negara ini. Kemudian memiliki wawasan terkait tujuan negara lain saat ini akan menuju ke arah mana, dan terakhir seorang pemimpin harus mampu merumuskan ke arah mana negara ini akan dibawa.

Ironisnya, lanjut Sudirman, saat ini banyak pemimpin, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, gagal. Ini lantaran mereka terjebak hanya mengandalkan popularitas. Mereka sibuk mengejar popularitas berlebihan sehingga lupa pekerjaannya sebagai pemimpin.



"Banyak sekali pemimpin terjebak pada mengejar popularitas. Mereka berakrobat, selfie, supaya diviralkan tapi lupa pada pekerjaan. Seolah-olah, setelah populer, itu selesai. Popularitas penting untuk masuk ke dalam tugas itu, tapi setelah itu kompetensi," kata Sudirman.
(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed