detikNews
Rabu 02 Mei 2018, 18:18 WIB

Imam Besar Al-Azhar Bertemu Said Aqil di Kantor PBNU

Faiq Hidayat - detikNews
Imam Besar Al-Azhar Bertemu Said Aqil di Kantor PBNU Imam Besar Al Azhar Ahmad Muhammad Ath-Thayeb disambut Ketum PBNU Said Aqil. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Imam Besar Al Azhar Prof Dr Ahmad Muhammad ath-Thayeb menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ath-Thayeb disambut Ketum PBNU KH Said Aqil.

Pantauan di lokasi, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018), Ath-Thayeb diterima langsung oleh Said Aqil. Ath-Thayeb tiba pukul 18.00 WIB.

Said Aqil berharap kedatangan Ath-Thayeb di Indonesia bisa untuk bertukar pikiran mengenai masalah dunia muslim. Menurutnya, Ath-Thayeb mempunyai peran penting di Timur Tengah.

"Ini pertama kali Syekh berkunjung ke PBNU. PBNU berharap posisi beliau sangat penting di Timur Tengah, setidaknya di Mesir, bermanfaat untuk mendiseminasi pemikiran-pemikiran Islam Wasatiyyah ala Nusantara sebagai inspirasi gagasan bagi peradaban yang lebih damai," ujar Said Aqil di lokasi.


Saat bertemu Ath-Thayeb, Said akan menyampaikan ideologi yang dimiliki Indonesia, yaitu Pancasila, yang bisa menjaga keberagaman suku dan agama. Adanya pancasila, Said menyebutkan, Indonesia bisa menjaga kerukunan umat beragama.

"Kami punya pengalaman Pancasila yang manajemen keberagaman suku dan agama, kok bisa bersama, ya berkat pancasila," tutur dia.

Sebelumnya, Ath-Thayeb bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Ath-Thayeb juga menjadi salah satu pembicara dalam acara KTT Wasatiyyah di Istana Bogor, Selasa (1/5).

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dkp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com