detikNews
Rabu 02 Mei 2018, 11:57 WIB

Hardiknas, Kemendikbud Gelar Pesta Pendidikan 2018

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Hardiknas, Kemendikbud Gelar Pesta Pendidikan 2018 Foto: Pesta Pendidikan Kemendikbud dalam rangka Hardiknas (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) menggelar Pesta Pendidikan 2018 di Kantor Kemendikbud, Jakarta Selatan. Acara yang digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini juga sebagai momentum kolaborasi dan 'kerja barengan' untuk pendidikan.

Acara ini merupakan upaya untuk menggalang emansipasi dari berbagai pihak melakukan kerja bareng untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya bagi kemajuan pendidikan bangsa. Penggalangan tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan kreatif.

"SMSG menggalang emansipasi melalui berbagai kegiatan kreatif dalam bentuk sesi peningkatan kesadaran, dialog, konsultasi, dan kemitraan program yang menyentuh dan melibatkan semua pihak," kata Inisiator SMSG Najeela Shihab, di Kantor Kemendikbud, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).


Melalui Pesta Pendidikan yang digelar di 6 kota ini, salah satunya di Jakarta, diluncurkan tiga program baru yang sangat efektif melibatkan publik. Di antaranya, gerakan #KirimBudi yang merupakan gerakan patungan 10.000 flashdisk yang akan diisi oleh video berbagai profesi dan disebarkan ke berbagai pelosok Indonesia.

"Kemudian ada lomba foto yang digelar dari 9 April sampai 6 Mei. Serta bersama relawan pendidikan yang berprofesi sebagai penyanyi menciptakan lagu menarik yang penuh semangat positif berjudul 'Lagu Semua Murid Semua Guru'," ujarnya.


Hardiknas, Kemendikbud Gelar Pesta Pendidikan 2018Foto: Pesta Pendidikan Kemendikbud dalam rangka Hardiknas (Marlinda/detikcom)

Acara ini melibatkan anak/murid, guru, orangtua, dan mitra kerja lainnya. Acara yang bekerjasama dengan 15 kementerian/lembaga ini didukung oleh sedikitnya 399 komunitas dan organisasi pendidikan, telah menjangkau ratusan sekolah serta 357.329 relawan guru, orang tua, dan siswa di 252 kabupaten/kota.

Acara ini juga dimeriahkan oleh drama pendek yang diperankan oleh 2 murid Sekolah Dasar (SD) Almer dan Alana, serta 1 guru bernama Unun. Kemudian, ada juga sesi ngobrol bersama tentang pendidikan. Turut memeriahkan acara ini, penampilan dari Endah n Rhesa, Andien, Tompi, Tulus, dll.



Tonton juga video tentang "Pakaian Adat Hiasi Upacara Hari Pendidikan Nasional di Kemendikbud"
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com