DetikNews
Kamis 26 April 2018, 14:09 WIB

Bamsoet Pastikan Kerja DPR Tak Akan Terganggu di Tahun Politik

Tsarina Maharani - detikNews
Bamsoet Pastikan Kerja DPR Tak Akan Terganggu di Tahun Politik Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet (Gibran-detikcom)
Jakarta - Menutup masa persidangan IV DPR RI tahun sidang 2017-2018, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meyakini kinerja anggota dewan tak akan terganggu meski memasuki tahun politik. DPR siap bekerja maksimal untuk menampung aspirasi masyarakat.

"Saya pastikan bahwa persiapan Pilkada Serentak, Pileg, serta Pilpres tidak akan mengganggu kerja-kerja dewan. Kami akan tetap bekerja melayani aspirasi masyarakat seperti biasanya," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2018).



"Kami menyadari adanya keraguan dari sebagian masyarakat bahwa persiapan kegiatan Pilkada serentak dan persiapan Pileg dan Pilpres akan menurunkan kinerja dewan," imbuhnya.

Bamsoet kemudian memaparkan sejumlah pencapaian kinerja DPR di masa persidangan IV ini. Di antaranya pengesahan RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah dan Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Thailand tentang Kerja Sama di Bidang Pertahanan, dan RUU tentang Pengesahan Protokol untuk Melaksanakan Paket Komitmen Keenam Bidang Jasa Keuangan dalam Persetujuan Kerangka Kerja ASEAN di Bidang Jasa.



Selain itu, DPR juga telah mengesahkan Peraturan DPR tentang Pengamanan Kawasan MPR, DPR, dan DPD serta Rumah Jabatan dan Wisma Griya Sabha.

Sementara itu, dalam paripurna penutupan ini, DPR mengesahkan perpanjangan waktu pembahasan sejumlah rancangan undang-undang (RUU). Berikut daftar RUU yang akan diperpanjang pembahasannya:

1. RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol
2. RUU tentang Pertembakauan
3. RUU tentang Perkoperasian
4. RUU tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
5. RUU tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak
6. RUU tentang Ketentuan Umum Tata Cara Perpajakan
7. RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
8. RUU tentang KUHP
9. RUU tentang Jabatan Hakim
10. RUU tentang MK
11. RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah
12. RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual.



Tonton juga video tentang "pasca pengesahan UU MD3, Bamsoet yakin KPK dan DPR akan semakin mesra":


(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed