Aksi Para 'Kartini' Atur Lalu Lintas Udara di Makassar

Moehammad Bakrie - detikNews
Sabtu, 21 Apr 2018 08:37 WIB
Aksi para 'Kartini' jadi pengatur lalu lintas udara di Makassar. Foto: Moehamad Bakrie/detikcom
Makassar - Airnav Indonesia cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Sulawesi Selatan punya cara tersendiri memperingati hari Kartini. Menara kontrol yang biasanya didominasi lelaki, sejak kemarin, dikuasai oleh petugas perempuan. Tak hanya tampil cantik, mereka juga tak mengenakan seragam seperti biasanya.

Kartini muda masa kini yang memiliki tugas berat sebagai pengatur lalu lintas penerbangan untuk beberapa bandara di kawasan timur Indonesia ini, sengaja ditempatkan khusus di hari Kartini untuk terus mengasah kemampuan mereka.



"Jadi dalam dua hari ini, pilot-pilot yang terbang dalam pengawasan kami, akan lebih banyak mendengarkan suara perempuan. Ini kita lakukan sebagai penghormatan atas perjuangan Kartini," kata General Manager Airnav MATSC, Novy Pantaryanto, Jumat (20/4/2018).

Periapan sebelum bertugas.Periapan sebelum bertugas. Foto: Moehamad Bakrie/detikcom


Bukan perkara mudah, perempuan cantik ini harus mengatur 340 pesawat baik yang akan lepas landas maupun mendarat setiap harinya di Bandara Sultan Hasanuddin. Belum lagi mereka juga harus menuntun pilot yang terbang dengan ketinggian tertentu di atas langit Indonesia bagian Timur.

Dibutuhkan akurasi informasi dan konsentrasi penuh menjalankan tugas itu. Sebab, satu kesalahan kecil saja, akan berdampak besar pada lalu lintas penerbangan. Tugas ini dulunya, hanya diemban oleh lelaki, tapi seiring perkembangan dan kesetaraan gender, wanitapun sudah banyak melakoni.

Mereka menunjukkan kalau perempuan tak kalah dari laki-laki.Mereka menunjukkan kalau perempuan tak kalah dari laki-laki. Foto: Moehamad Bakrie/detikcom


"Setahu saya, dulu pekerjaan ini hanya laki-laki. Tapi sekarang sudah banyak perempuan. Tentunya ini berkat perjuangan keras pahlawan emansipasi wanita, RA Kartini. Hari ini kita juga tampil khusus dengan berdandan cantik dan pakai baju batik," sebut seorang karawati, Febriana Eka Putri.



Tak hanya itu, sebagai rangkaian peringatan hari Kartini, Airnav MATSC juga membuka kelas kecantikan bagi para karyawatinya. Ini sengaja dilakukan agar karyawati, juga tetap memperhatikan penampilan ditengah intensitas kerja yang sangat tinggi di kantor itu.

Peserta diajarkan cara berdandan dan berpenampilan menarik secara baik dan benar. Pemateri yang dihadirkan, pun merupakan para ahli kecantikan dari produsen kosmetik terkenal di Indonesia. Mereka diajarkan mulai cara membersihkan wajah hingga penggunaan alat kosmetik yang benar.

"Setelah mengikuti kelas ini, ternyata banyak sekali kebiasaan kita yang tidak tepat dalam perawatan wajah. Jelas ini sangat berharga buat kami untuk tetap menjaga penampilan sebagai wanita yang memang kodratnya seperti ini," kata seorang karyawati, Junaidah.

Tak hanya kelas kecantikan, hari Kartini juga diperingati seluruh karyawati dengan mengikuti lomba membuat tumpeng dan kejutan pembagian bingkisan bagi pengunjung bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang mengenakan kebaya. (bag/bag)