DetikNews
Jumat 20 April 2018, 23:04 WIB

SBY Bersyukur Dapat Kesempatan Hadiri Upacara Seba Baduy

Bahtiar Rifa'i - detikNews
SBY Bersyukur Dapat Kesempatan Hadiri Upacara Seba Baduy SBY disalami warga Baduy. (Bahtiar Rifai/detikcom)
Lebak - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono untuk pertama kali mengikuti upacara adat Seba Baduy di pendapa Bupati Lebak. SBY mengaku terkesan menyaksikan upacara adat tahunan masyarakat adat Baduy.

"Saya amat bersyukur dan senang bisa melihat ini. Saya menikmati dialog segar dan yang disampaikan oleh tokoh Baduy tadi menurut saya pas benar," kata SBY seusai upacara Seba di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (20/4/2018).



Masyarakat adat seperti Baduy, menurut SBY, yang juga ketua umum Partai Demokrat, adalah warga yang harus dihormati karena budaya dan nilai yang dipegangnya. Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, bahkan pemerintah pusat, harus terus memberikan perhatian kepada warga adat ini.

SBY dan Bu Ani usai menghadiri upacara Seba Baduy.SBY dan Bu Ani setelah menghadiri upacara Seba Baduy. (Bahtiar Rifai/detikcom)

Di sisi lain, SBY melihat Banten menjadi daerah yang akan maju ke depan. Ia menilai daerah ini memiliki kekuatan, khususnya sisi religius yang dianut oleh masyarakatnya. Modal inilah yang harus didengarkan secara baik oleh pemerintah agar dapat direalisasikan.

"Kalau rakyatnya sungguh ingin mendapat kemajuan, mereka berikhtiar, tinggal pemerintah mendengarkan aspirasi dan sekuat tenaga mewujudkannya. Saya melihat ini di Lebak khususnya, di Banten pada umumnya," katanya.



Kehadiran SBY ke Seba Baduy ini adalah salah satu rangkaian dalam kegiatan 'Tour de Banten'. SBY bersama Ani Yudhoyono sempat menjadi perhatian warga Baduy saat upacara berlangsung. Ia juga sempat dikerubungi oleh masyarakat adat untuk bersalaman.
(bri/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed