DetikNews
Jumat 20 April 2018, 11:58 WIB

Bripda Diah, 'Kartini Masa Kini' Pengasuh Puluhan Anak Yatim

Ibnu Hariyanto - detikNews
Bripda Diah, Kartini Masa Kini Pengasuh Puluhan Anak Yatim Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Kesibukan sebagai anggota polisi tidak menyurutkan Bripda Diah Ayu Nawangsari untuk berbuat amal. Di sela-sela kesibukannya itu, Polwan berusia 23 tahun itu mengasuh puluhan anak yatim piatu.

"Saya memang dari dulu suka ngajar anak-anak yang kurang mampu gitu," kata Bripda Diah disela-sela kegiatan pengaturan lalu lintas di Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (20/4/2018).

Ada sekitar 65 anak yatim piatu yang diasuh oleh lulusan Bintara 2014 ini. Tempat Diah mengajar berada di sebuah rumah warga yang dijadikan penampungan anak yatim piatu di Penggilingan, Cakung. Jauh sebelumnya, dia juga sempat mengajar anak yatim di kawasan Bekasi.

Bripda Diah mendapat penghargaan karena mengajar anak-anak yatimBripda Diah mendapat penghargaan karena mengajar anak-anak yatim Foto: dok. Istimewa

"Saya kan ngajar dua tempat, satu di Bekasi dan Penggilingan tapi yang di Bekasi sudah jarang. Yang di Penggilingan ini baru dua bulan ini," ujar anggota Unit PPA Polsek Cakung ini.

Meski tak setiap hari, Diah selalu meluangkan waktu berkunjung ke tempat anak yatim piatu itu untuk mengajar. Dia berbagi pengetahuan dengan anak-anak itu seputar lalu lintas, bahaya narkoba hingga pentingnya Pancasila.


"Dan kalau saya itu ngajar untuk memberi pengetahuan seputar kepolisian seperti rambu lalu lintas, ngajar bahaya narkoba dan pancasila. Mengajar juga nggak terjadwal kalau saya lagi ada bahan atau ada waktu saya ke sana. Kadang juga ngasih bantuan," ucapnya.

"Saya mau ngajar saya siapkan dulu bahan, misalnya pelajaran lalu lintas, kita beri pengetahuan, habis itu kita praktek di lapangan," sambungnya.

Atas dedikasinya kepada masyarakat itu, Diah diganjar penghargaan oleh Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Saputra. Diah pun senang karena pimpinannya juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim binaannya itu.

"Makanya kemarin saya dikasih penghargaan itu kaget, saya ngerasa masih kurang bantu-bantunya tapi sudah dikasih penghargaan. Di satu sisi saya juga senang jadi lewat saya beliau memberi santunan ke anak-anak itu, lewat cerita kaya gini akhirnya pimpinan main ke sana," tambahnya.

Bripda Diah mendapat penghargaan karena mengajar anak-anak yatimBripda Diah mendapat penghargaan karena mengajar anak-anak yatim Foto: dok. Istimewa

Sementara Tony memuji kegiatan sosial yang dilakukan oleh anggotanya itu. Tony menilai Diah adalah sosok Kartini masa depan.

"Untuk pemberian penghargaan saya sudah berikan pada saat upacara tanggal 17 kemarin, ada salah satu polwan yang mengasuh yatim piatu sebanyak kurang 40 yatim piatu. Dia asuh, ada yang menetap di salah satu rumah warga dan polwan inilah artinya yang memberi kehidupan. Ini luar biasa, pangkatnya masih Bripda artinya dia polwan baru sudah bisa membantu sesama, itu luar biasa," kata Tony.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed