DetikNews
Kamis 19 April 2018, 23:06 WIB

Kapolri Minta Prajurit TNI-Polri Kompak Wujudkan Pilkada Aman

Audrey Santoso - detikNews
Kapolri Minta Prajurit TNI-Polri Kompak Wujudkan Pilkada Aman Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Agung Pambudhy/detikcom)
Banda Aceh - Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan kunjungan atau roadshow ke Aceh untuk pengamanan pilkada. Tito menyerukan kepada prajurit TNI-Polri tentang pentingnya kekompakan dalam menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Bapak Kapolri dalam arahannya menekankan bahwa yang menjadi poin penting dalam terwujudnya keamanan, kelancaran, dan kesuksesan pemilukada serentak dan pesta demokrasi adalah TNI-Polri yang kompak dari satuan atas sampai ke tingkat bawah," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Kamis (19/4/2018).


Selain memberikan pengarahan mengenai kekompakan, lanjut Iqbal, Tito juga ingin menunjukkan wujud soliditas pimpinan kepada jajaran TNI dan Polri yang bertugas di Aceh.

"Kedatangan Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan Kapolri ke Banda Aceh kali ini dalam rangka memberikan arahan kepada seluruh anggota TNI-Polri di wilayah Aceh. Selain itu, kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ini merupakan sebagai wujud soliditas TNI-Polri dalam rangka menjaga netralitas TNI-Polri," terang Iqbal.


Iqbal mengatakan acara roadshow digelar di GOR Harapan Bangsa, Aceh. Tak lupa, tambah Iqbal, Tito juga mengingatkan agar para prajurit netral dalam menyikapi tahun politik.

Panglima TNI Marsekal Hadi sebelumnya mengatakan TNI-Polri menginginkan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang berjalan dengan lancar dan prajurit tetap menjaga solidaritas. Selain itu, TNI-Polri tetap harus menjaga netralitasnya.

"Dengan adanya netralitas TNI-Polri, seluruh proses demokrasi yang berjalan nanti adalah demokrasi yang saya maksudkan bisa berjalan dengan aman-lancar sesuai yang kita harapkan. Bagaimana kita jaga soliditas dan solidaritas dalam menyukseskan pesta demokrasi 2018-2019 ini," kata Hadi kepada wartawan.
(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed