DetikNews
Sabtu 14 April 2018, 10:49 WIB

Anies Hadiri Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium

Denita Br Matondang - detikNews
Anies Hadiri Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium Gubernur DKI Anies Baswedan datang ke Kampung Akuarium untuk memperingati 2 tahun penggusuran. (Denita Br Matondang/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peringatan dua tahun penggusuran warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Anies tiba pukul 10.13 WIB.

Pantauan detikcom, Anies tiba dengan mobil Innova bernopol B-1136-RFN. Anies mengenakan kemeja hijau dan celana cokelat. Kedatangan Anies disambut Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi dan sejumlah warga Kampung Akuarium yang berbaris.

Baca juga: Anies akan Gelar Syukuran Pembangunan Shelter Kampung Akuarium

Begitu Anies tiba, sejumlah warga pun tampak langsung bersalaman dan mengambil foto bersamanya.

Dalam acara ini juga hadir arsitek shelter Kampung Akuarium, Direktur Rujak Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja, juga seluruh jajaran pejabat Kampung Akuarium.


Anies tampak berbincang dengan warga Kampung AkuariumAnies berbincang dengan warga Kampung Akuarium. (Denita Br Matondang/detikcom)

Acara ini dimulai pukul 10.16 WIB dengan tema 'Dari Shelter Menuju Harapan Kampung yang Baru, Peringatan Dua Tahun Penggusuran Paksa dan Simbolisasi Harapan Baru Warga Kampung Akuarium'.

Sebelumnya, di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, permukiman di kawasan ini digusur pada 11 April 2016 karena dianggap sebagai tanah pemerintah. Penggusuran dilakukan untuk pemugaran kawasan tersebut.


Namun, pada masa kampanye, Anies-Sandi berjanji membangun shelter untuk warga yang masih tinggal di lokasi. Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara juga membuatkan kartu keluarga baru bagi warga yang tinggal di sana.

Catatan detikcom, pada Rabu (11/4), sebanyak 56 shelter sudah dibangun dari rencana pembangunan berjumlah 107 shelter.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed