DetikNews
Rabu 11 April 2018, 19:22 WIB

Anies akan Gelar Syukuran Pembangunan Shelter Kampung Akuarium

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies akan Gelar Syukuran Pembangunan Shelter Kampung Akuarium Blok shelter yang sudah dibangun di Kampung Akuarium, Selasa (20/2/2018). (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggelar syukuran di Kampung Akuarium. Syukuran itu merayakan selesainya pembangunan shelter penampungan bagi warga yang tergusur.

"Ini adalah dua tahun dibongkarnya Kampung Akuarium hari ini. Alhamdulillah, Sabtu (14/4) kita akan ada syukuran di sana. Bahwa kita telah mengembalikan kembali hak-hak warga di Kampung Akuarium untuk mereka bisa tinggal, dan bisa tercatat sebagai penduduk," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).


Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, digusur oleh Pemprov DKI pada 11 April 2016. Anies menyebut, di bawah kepemimpinannya, Pemprov DKI tidak akan menggusur permukiman warga secara paksa.

"Anda pasti masih ingat rekaman peristiwa ketika kampung itu porak-poranda oleh pembongkaran paksa. Cukup sudah peristiwa-peristiwa pembongkaran paksa yang tidak memiliki dasar pada prinsip keadilan," terang Anies.

Pemprov DKI membangun tempat penampungan untuk warga Kampung Akuarium. Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara juga membuatkan kartu keluarga baru bagi warga yang tinggal di sana.


Sebelumnya, warga Kampung Akuarium mulai menempati shelter yang dibangun Pemprov DKI Jakarta. Warga tinggal di shelter sejak seminggu yang lalu.

Pantauan detikcom, sejumlah warga sudah menempati shelter yang telah jadi. Saat ini sebanyak 56 shelter sudah dibangun dari rencana pembangunan berjumlah 107 shelter.

"Ukurannya 3,5 x 6 meter, total 56 shelter, sudah 50 persenlah," ujar anggota Satpol PP Didik Hari Cahyono saat menjaga keamanan di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (20/2).
(zak/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed