Soal Kampanye Naik Pesawat RI-1, Jokowi: Kita Taat Aturan

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 13 Apr 2018 14:03 WIB
Foto: Jokowi dan Iriana di Pesawat Kepresidenan. (Danu Damar Jati/detikcom)
Sorong - Sikap KPU yang memperbolehkan petahana memakai pesawat kepresidenan saat kampanye menuai polemik. Presiden Joko Widodo mengaku siap tak memakai pesawat presiden jika memang dilarang KPU.

"Kalau aturannya sudah ditentukan oleh KPU, misalnya bagi sepeda nggak boleh, bawa pesawat nggak juga boleh, ya akan kita taati aturan itu," ujar Jokowi di Sorong sebagaimana dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Setpres, Jumat (13/4/2018).




Soal bagi-bagi sepeda merupakan ciri khas Jokowi dalam setiap kunjungan kerjanya di daerah. Sambil bergurau, Jokowi akan memberikan salam saja saat kampanye.


Sebelumnya diberitakan, Ketua KPU Arief Budiman menuturkan petahana presiden yang kembali maju dalam Pilpres 2019 diperkenankan untuk menggunakan fasilitas kendaraan milik negara seperti pesawat kepresidenan. Alasan keamanan pun menjadi pertimbangan KPU.

"Itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko," kata Arief


Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memandang wajar apabila Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan untuk keperluan kampanye pilpres. Sebab, hal tersebut mempertimbangkan aspek keamanan kepala negara. (gbr/gbr)