DetikNews
Senin 09 April 2018, 13:15 WIB

Ketua Komisi II Tak Setuju Kepala Daerah Dipilih DPRD

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Ketua Komisi II Tak Setuju Kepala Daerah Dipilih DPRD Foto: Zainudin Amali tak setuju Pilkada via DPRD. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Isu mengenai pemilihan kepala daerah kembali lewat DPRD mulai lagi ramai dibahas. Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali tak setuju dengan hal tersebut.

"Saya mendukung pemilihan langsung," ujar Amali saat memberi sambutan dalam acara MoU antara Bawaslu dengan Komnas HAM dan Ombudsman RI di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Politikus Golkar itu lebih setuju dengan sistem pemilihan langsung seperti saat ini. Meski Golkar sempat mendukung kepala daerah dipilih DPRD, Amali menyatakan sejak awal tetap setuju dengan pilkada langsung.


"Walupun dulu saya harus berbeda dengan partai saya dan tidak diterima. Bahwa itu lah (pemilihan langsung) sekarang yang bisa menyelamatkan demokrasi kita," tuturnya.

Amali mengatakan, untuk bisa menciptakan pemilu berintegritas, diperlukan peningkatan kinerja dan profesionalitas oleh penyelenggara pemilu, dalam hal ini Bawaslu.


"Sehingga ketidaknetralan penyelenggara bisa ditepis dengan meningkatkan profesionalitas dan integritas diri dalam penyelengaraan pemilu," ucap Amali.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo sempat menyuarakan untuk mengevaluasi sistem pilkada langsung. Dengan begitu tak menutup kemungkinan evaluasi menghasilkan sistem pemilihan kepala daerah melalui DPRD.
(elz/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed