DetikNews
Kamis 05 April 2018, 16:35 WIB

Melihat Shelter Tsunami Pangandaran Seharga Rp 23 Miliar

Dadang Hermansyah - detikNews
Melihat Shelter Tsunami Pangandaran Seharga Rp 23 Miliar Shalter tsunami Pangandaran (ist.)
FOKUS BERITA: Potensi Tsunami 57 Meter
Pangandaran - Sejak selesai dibangun pada akhir tahun 2016, shelter tsunami Pangandaran, Jawa Barat (Jabar) sampai saat ini belum diserahterimakan dari Kementerian PU kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Di Pangandaraan ini hanya ada satu shelter tsunami.

Shelter tsunami Pangandaran ini berukuran sekitar 60 x 50 meter, lima lantai dan mampu menampung hingga 6 ribu orang. Dibangun oleh Kementerian PU dan BNPB dengan anggaran sekitar Rp 23 miliar.

"Kondisinya masih di Kementerian PU, belum diserahterimakan, kami masih menunggu proses serah terima," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena saat dihubungi melalui sambungan telepon Kamis (5/4/2018).

Menurut Nana, shelter selesai dibangun pada akhir tahun 2016. Kemudian di 2017 masa pemeliharaan selama satu tahun oleh pengembang.

"Sekarang masa pemeliharaan sudah habis, jadi dikembalikan ke Kementerian PU. Sekarang sedang proses di Kementerian Keuangan," jelasnya.

Menurut Nana, lokasi shelter berada di Pasar Wisata Pangandaran. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari bibir pantai.

"Untuk kondisinya sekarang masih bagus karena barus selesai masa peliharaan," ucapnya.

Nana berharap Kementerian PU segera melakukan serah terima. Karena setelah selesai masa pemeliharaan oleh pengembang, harus ada pengelolaan.

"Sekarang bingung menggunakan dan memeliharanya, harus ada pengelolanya. Masa harus izin dulu ke Kementerian PU. Intinya segera proses serah terima," pungkasnya.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Potensi Tsunami 57 Meter
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed